Nirdividen

Definisi Nirdividen

“Penjualan saham yang pembelinya tidak menerima dividen atas saham tersebut (ex dividend).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Nirdividen?

Nirdividen atau yang dimaksud juga dengan ex dividen adalah dimana terjadinya aktivitas penjualan saham yang jatuh pada ex dividend date (diluar dividen). Ex dividend date merupakan hari yang tidak termasuk dividen. Biasanya hari ini jatuh satu hari bursa setelah cum-dividend date (hari terakhir perdagangan bursa). Bila Anda membeli saham pada tanggal jatuhnya ex dividen, maka Anda tidak terhitung sebagai pemilik saham, sehingga tidak akan mendapatkan dividen.

Misalnya, cum dividend date jatuh pada tanggal 1 Februari, maka ex dividennya jatuh di tanggal 2 Februari. Jika Anda membeli saham pada tanggal ex dividen ersebut, Anda tidak akan menerima pembagian dividen dari saham tersebut. Aktifitas dimana terjadinya penjualan saham di tanggal ex dividen tersebut yang disebut dengan nirdividen.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah Lain Terkait Nirdividen

Dalam nirdividen terdapat istilah-istilah yang berkaitan dan perlu Anda ketahui. Berikut beberapa istilah terkait nirdividen serta definisinya.

  • Cum Dividend Date

Cum dividend date adalah tanggal terakhir bagi para investor untuk bisa membeli saham tertentu untuk mendapatkan dividen. Cum dividend date hanya berlangsung selama satu hari.

  • Ex Dividend Date

Ex dividend date adalah hari yang tidak termasuk dividen. Biasanya ex dividend date jatuh satu hari setelah cum dividend date. Jika Anda membeli saham pada tanggal ex dividen, Anda tidak akan mendapatkan dividen.

  • Recording Date

Batas hari pencatatan kepemilikan saham yang dimiliki dalam rekening efek. Biasanya recording date ada di tiga hari kerja setelah cum dividend date.

  • Pay/Distribution Date

Hari dimana dividen akan dibagikan kepada para pemilik saham.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍