• Produk
  • Promo
  • Artikel

Nilai Pari

Nilai nominal (par value).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Nilai Pari?

Nilai Pari bisa disebut sebagai nilai nyata atau nilai nominal yang ditunjukkan pada sisi pokok ('wajah' atau 'kepala') dari surat berharga pertukaran, mata uang, sekuritas (saham atau obligasi), atau jenis instrumen keuangan lainnya. Bila saham tidak diberi nilai pari, maka saham tersebut disebut saham tanpa nilai pari. Saham tanpa nilai pari ini lah mengharuskan bahwa semua bayaran yang diterima dari saham tersebut diakui sebagai modal resmi sekalipun saham itu dijual dengan harga berbeda-beda.

Macam-macam Nilai Pari

1. Nilai Pari pada Saham

Harga pari merupakan harga nominal dari sekuriti yang ditentukan oleh perusahaan penerbit saham pada harga minimumnya. Harga pari dari saham adalah harga saham pada masa penawaran umum saham perdana. 

Pada saham preferen, harga pari dipergunakan untuk menunjukkan harga penawaran saham. Dividen pada saham preferen dihitung dengan menggunakan persentase dari harga pari. Harga pari ini juga merupakan faktor penting yang dipergunakan pada saham opsi beli, dimana perusahaan memiliki hak opsi kepada melaksanakan pembelian kembali, ini merupakan lawan dari saham konversi. Harga pembelian kembali pada umumnya merupakan pada harga pari atau sedikit di atas pari.

2. Nilai Pari pada Obligasi

Pada pasar obligasi di Amerika, harga pari merupakan harga yang tercantum pada obligasi tersebut. Harga pari sebesar 100 USD kepada suatu surat hutang atau obligasi berarti bahwa obligasi atau surat hutang ini memiliki harga sebesar harga pari tersebut pada masa jatuh tempo pelunasan obligasi.

3. Nilai Pari pada Mata Uang

Makna harga pari pada mata uang juga dipergunakan pada masa dua mata uang dipertukarkan pada suatu harga tertentu. Contohnya, pada tahun 1964 Trinidad dan Tobago mengubah mata uang negaranya dari British West Indies dollar ke Trinidad dan Tobago dollar, dimana penukaran atau konversi itu dilanjutkan pada harga pari, yang berarti bank sentral Trinidad dan Tobago melaksanakan penukaran 1 dollar lama dengan 1 dollar baru.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Obligasi

"n surat pinjaman dengan bunga tertentu dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan."

Selengkapnya

Mata Uang

"Uang dari logam."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo