Nilai Kapitalisasi

Definisi Nilai Kapitalisasi

penentuan nilai pembukuan terhadap semua pengeluaran untuk memperoleh aset tetap hingga siap pakai

Kemenkeupedia

Apa itu Nilai Kapitalisasi?

Nilai Kapitalisasi adalah penentuan nilai pembukuan terhadap semua pengeluaran untuk memperoleh aset tetap hingga siap pakai, untuk meningkatkan kapasitas/efisiensi, dan atau memperpanjang umur teknisnya dalam rangka menambah nilai-nilai aset tersebut.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Manfaat Kapitalisasi

Mengkapitalisasi aset memiliki banyak manfaat karena aset jangka panjang itu mahal, membebankan biaya selama periode mendatang mengurangi fluktuasi pendapatan yang siginifikan, terutama bagi perusahaan kecil. Banyak pemberi pinjaman mengharuskan perusahaan untuk mempertahankan rasio hutang terhadap ekuitas tertentu. Jika aset jangka panjang yang besar segera dikeluarkan, maka dapat membahayakan ratio yang diharuskan untuk pinjaman yang ada atau dapat mencegah perusahaan meneruma pinjaman baru.

Selain itu, mengkapitalisasi pengeluaran meningkatkan saldo aset perusahaa tanpa mempengaruhi saldo kewajibannya. Akibatnya, banyak rasio keuangan akan tampak menguntungkan. Terlepas dari manfaat ini, seharusnya tidak menjadi motivatis untuk memanfaatkan biaya.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍