• Produk
  • Promo
  • Artikel

Nilai Aktiva Bersih

Apa itu Nilai Aktiva Bersih?

Nilai Aktiva Bersih berasal dari bahasa Inggris Net Asset Value (NAV). NAB (Nilai Aktiva Bersih) per unit penyertaan adalah harga wajar dari portofolio suatu reksadana setelah dikurangi biaya operasional kemudian dibagi jumlah saham/unit penyertaan yang telah beredar (dimiliki investor) pada saat tersebut. 

Unit Penyertaan (UP)

Dalam NAB juga terdapat istilah Unit Penyertaan atau UP. UP ini adalah satuan yang dipakai dalam jual beli reksadana. Misalnya saat membeli emas, satuan yang dipakai adalah gram. Investor yang ingin membeli reksadana dapat membeli dalam jumlah unit atau rupiah yang kemudian dikonversi dalam satuan unit.

Manfaat dari NAB

NAB pada dasarnya adalah untuk menghitung satuan harga unit investasi dalam reksadana. Hal ini juga dapat disebut NAB/UP. Nilai NAB/UP berubah setiap harinya karena didasarkan pada penghitungan NPW (Nilai Pasar Wajar) yang berlaku. Faktor lain yang mempengaruhi perubahan NAB/UP adalah perubahan dana yang dikelola oleh MI atau Asset Under Management (AUM) mengalami peningkatan nilai. Fungsi dari NAB/UP adalah membantu kelancaran proses investasi. Dengan mengetahui NAB/UP, investor dapat menghitung dan memperkirakan berapa jumlah unit yang mampu dibeli.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Reksa Dana

"Reksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti : saham, obligasi, dan instrumen pasar uang."

Selengkapnya

Perbankan Unit

Sistem perbankan yang melarang pembukaan cabang yang beroperasi secara penuh (full service) sistem bank unit terdapat di Amerika Serikat, biasanya di daerah Midwest dan Southwest (unit banking).

Selengkapnya

Manajer Investasi

"Manajer Investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku."

Selengkapnya

Istilah Populer Terbanyak Dicari

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo