NFT

Definisi NFT

set digital di jaringan blockchain yang mempunyai kode identifikasi serta metadata unik dan berbeda satu sama lain.

Kata Data

Apa Itu NFT?

NFT atau Non Fungible Token adalah aset digital di jaringan blockchain yang mempunyai kode identifikasi serta metadata unik dan berbeda satu sama lain. NFT juga bisa diartikan sebagai aset computerized yang merepresentasikan beragam barang berwujud maupaun tak berwujud yang dianggap unik. Sama halnya dengan instrumen investasi atau aset pada umumnya, NFT juga memiliki nilai lewat mekanisme pasar.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Cara Kerja NFT

NFT dibuat dari objek digital yang mewakili barang berwujud dan tidak berwujud, seperti:

  1. Seni
  2. GIF
  3. Video dan highlights olahraga
  4. Koleksi
  5. Avatar virtual dan cover video game
  6. Sepatu desainer
  7. Musik
  8. Dan semua konten yang bisa diunggah di internet

Pemanfaatan teknologi tersebut memungkinkan seseorang untuk melakukan pelacakan kode unik NFT. Dari situ, Anda bisa mengetahui siapa penerbit awal, pembeli pertama, ataupun pemilik terkini aset digital tersebut. Hal yang perlu dicatat, teknologi NFT tidak bisa mencegah seseorang untuk mempunyai salinan dari aset digital tersebut. Orang lain tetap bisa menyimpan atau melihat salinan dari sebuah aset digital NFT. Namun, faktor pembedanya terletak pada kode unik yang menjadi bukti sah kepemilikan.

Daftar Koin NFT Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

1. Axie Infinity (AXS)

Axie Infinity adalah sebuah game berbasis blockchain yang menggabungkan elemen NFT, game, dan DeFI. Permainan ini terinspirasi dari Pokémon dan Tamagotchi di mana pemain harus mengumpulkan, membiakkan, memelihara, bertarung, dan memperdagangkan makhluk berbasis token yang dikenal sebagai Axies. Setiap Axies merupakan NFT yang memiliki atribut uniknya masing-masing.

Saat ini, berdasarkan Coinmarketcap, Axies Infininty memiliki kapitalisasi pasar senilai $8,9 milliar dolar dengan harga $145,70 per 1 AXS. Coinmarketcap juga menempatkan Axie Infinity pada posisi nomor 1 dalam kategori transaksi NFT.

2. Tezos (XTZ)

Tezos adalah salah satu cryptocurrency dengan sistem blockchain yang menggunakan sistem proof-of-stake (PoS). Tezos juga memiliki program smart contract seperti Ethereum yang membuatnya memiliki ekosistem DeFi dan DApps nya sendiri.

Ekosistem NFT Tezos cukup besar karena berkat sistem PoS yang membuat biaya transaksi untuk menjual dan membeli NFT jauh lebih murah dibanding Ethereum. Kapitalisasi pasar Tezos sebesar $5 miliar dollar dengan harga $5,78 dolar per 1 XTZ. Coinmarketcap menempatkan Tezos pada posisi 4 dalam kategori transaksi NFT.

3. The Sandbox (SAND)

The Sandbox adalah game berbasis blockchain yang berfokus memanfaatkan penggunaan NFT dalam berbagai macam aset game nya. Dalam the Sandbox, kamu akan bermain dalam dunia metaverse dan berinteraksi dengan ribuan pemain lain. The Sandbox sudah memiliki kerja sama dengan banyak perusahaan besar seperti Atari dan bahkan grup band metal Avengend Sevenfold.

Menurut Coinmarketcap, token SAND memiliki kapitalisasi pasar senilai $2,2 miliar dollar dengan harga $2,56 dollar per 1 SAND. The Sandbox menempati posisi 8 dalam kategori transaksi NFT.

4. My Neighbor Alice (ALICE)
My Neighbor Alice adalah game multiplayer builder, di mana siapa pun dapat membeli dan memiliki pulau virtual, membuat barang, serta bertemu dengan pemain lain. Ia terinspirasi oleh game seperti Animal Crossing dan menggabungkan permainan kehidupan virtual dengan mengumpulkan dan mengoleksi NFT. Token ALICE digunakan untuk berbagai aktivitas di dalam game termasuk membeli barang dan aset di pasar dunia Alice.

Menurut Coinmarketcap, token ALICE memiliki kapitalisasi pasar senilai $307 juta dollar dengan harga $13,38 dollar per 1 ALICE. My Neighbor Alice menempati posisi 17 dalam kategori transaksi NFT.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍