• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Neraca Pembayaran Indonesia

Suatu ikhtisar yang meringkas transaksi-transaksi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun). Neraca pembayaran mencakup pembelian dan penjualan barang dan jasa, hibah dari individu dan pemerintah asing, dan transaksi finansial. Umumnya neraca pembayaran terbagi atas neraca transaksi berjalan dan neraca lalu lintas modal dan finansial, dan item-item finansial.

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Neraca Pembayaran Indonesia?

Kondisi perekonomian antar negara yang tidak bisa lepas dari satu negara ke negara lainnya menyebabkan timbulnya daya saing sebagai salah satu faktor yang menentukan dalam kompetisi antar negara, agar memperoleh manfaat dari makin terbukanya perekonomian dunia. 

Keuntungan dari terbukanya perekonomian dunia dapat dilihat dari keadaan neraca pembayaran suatu negara. 

Jadi secara singkat, Neraca Pembayaran Indonesia merupakan statistik yang mencatat transaksi ekonomi antara penduduk Indonesia dengan bukan penduduk pada suatu periode tertentu.

Jenis Transaksi Neraca Pembayaran Indonesia

Terdapat tiga jenis transaksi dalam neraca pembayaran suatu negara, yakni transaksi berjalan, transaksi modal, dan transaksi finansial atau keuangan. Transaksi berjalan mencakup segala transaksi yang berasal dari perdagangan barang dan jasa serta pendapatan yang berasal dari investasi asing. 

Transaksi modal dan transaksi keuangan biasanya didefinisikan sama. Transaksi modal hanya mencakup transaksi dalam instrumen keuangan, sedangkan dalam arti luas, akun modal mencakup transaksi dalam instrumen keuangan dan cadangan bank sentral.

Neraca Pembayaran dan Kebijakan Ekonomi

Neraca pembayaran biasanya disandingkan dengan data posisi investasi internasional. Keduanya sangat dibutuhkan pemerintah dalam merumuskan kebijakan ekonomi nasional dan internasional.

Dua hal yang paling disoroti dalam neraca pembayaran ketika merumuskan kebijakan ekonomi, yaitu ketidakseimbangan pembayaran (surplus atau defisit) dan investasi asing.

Tujuan Neraca Pembayaran Indonesia

Sebagaimana umumnya penyusunan statistik neraca pembayaran di negara lain, statistik Neraca Pembayaran Indonesia dibuat dengan tujuan sebagai:

  1. Mengetahui peranan sektor eksternal dalam perekonomian;
  2. Mengetahui aliran sumber daya dengan negara lain;
  3. Mengetahui struktur ekonomi dan perdagangan;
  4. Mengetahui permasalahan utang luar negeri;
  5. Mengetahui perubahan posisi cadangan devisa dan potensi tekanan terhadap nilai tukar;
  6. Sebagai sumber data dan informasi dalam menyusun devisa; serta
  7. Sebagai sumber data penyusunan statistik neraca nasional (national account).

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Neraca

/ne·ra·ca/

Selengkapnya

Neraca Pembayaran

Pencatatan secara sistematis semua transaksi ekonomi antara penduduk suatu negara dan penduduk negara lain yang menimbulkan pembayaran antarnegara dalam jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun; suatu neraca pembayaran dikatakan surplus apabila terdapat kelebihan dana dan perdagangan dan investasi dibandingkan dengan kewajiban-kewajiban yang dibayarkan kepada negara lain; akibatnya, terjadi suatu apresiasi nilai mata uang negara tersebut terhadap nilai mata uang negara lain; sebaliknya, neraca pembayaran dikatakan defisit apabila terdapat kelebihan impor terhadap ekspor, suatu ketergantungan terhadap investor asing, dan terjadi penilaian terlalu tinggi terhadap mata uang negara tersebut (overvalued) negara yang mengalami neraca pembayaran defisit wajib menutupi defisit atau kekurangan itu dengan mengekspor emas atau cadangan mata uang kuat (hard currency reserves), misalnya dolar AS, yang diterima sebagai alat pembayaran utang luar negeri (balance of payment).

Selengkapnya

Akuntansi

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo