• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Nasabah Utama

"Nasabah lama, yang memperoleh predikat baik sebagai peminjam dan lancar dalam memenuhi kewajiban-kewajibannya."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Nasabah bank yang memiliki transaksi dalam jumlah besar, taat dalam memenuhi kewajiban-kewajibannya kepada bank sesuai dengan yang telah dipersyaratkan (prime customer)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Nasabah Utama?

Nasabah utama adalah nasabah bank yang telah memiliki nilai transaksi dalam jumlah besar. Nasabah bank yang mendapat predikat utama merupakan nasabah yang taat dalam memenuhi kewajibannya sebagai pengguna jasa kepada bank sebagaimana yang telah ditulis dalam persyaratan dan perjanjian antara nasabah dengan pihak bank. Pada praktiknya, nasabah utama ditandai dengan nama nasabah prioritas untuk membedakan dengan nasabah lainnya.

Kriteria Menjadi Nasabah Utama

Menjadi seorang nasabah utama diperlukan kriteria khusus. Setiap bank memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda dalam menentukan kriteria ini. Umumnya, bank akan menetapkan bagi para calon nasabah utama wajib membuka atau memiliki akun prioritas. Akun prioritas pada setiap bank ditentukan dengan nasabah utama menyimpan dana dalam jumlah besar. Tiap bank akan berbeda dalam menentukan minimum dana yang disetorkan, mulai dari 500 juta atau 1 hingga 2 miliar rupiah.

Keuntungan Menjadi Nasabah Utama

Keuntungan yang didapat menjadi seorang nasabah utama umumnya adalah mendapatkan pelayanan yang responsif dan istimewa dari pihak bank. Selain itu, seorang nasabah utama akan mendapatkan financial advisor sendiri yang telah memiliki sertifikasi dalam bidang finansial untuk mengelola keuangan yang bersangkutan. Terakhir, menjadi seorang nasabah utama tentunya akan mendapatkan beberapa fasilitas istimewa dari berbagai merchant, seperti diskon dan promo, juga fasilitas service penerbangan yang ekslusif.

Perbedaan Nasabah Utama dengan Nasabah Lainnya

Perbedaan nasabah utama dengan nasabah lainnya digolongkan ke dalam hubungan baik antara nasabah dengan pihak bank. Penggolongan ini berdasarkan pada keaktifan loyalitas nasabah yang bersangkutan kepada pihak bank. Pada umumnya, nasabah utama akan mempunyai hubungan baik dengan pihak bank yang mana akan berdampak pada penentuan suku bunga dengan nasabah lainnya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Nasabah Bank

"orang yang biasa berhubungan dengan atau menjadi pelanggan bank."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Tabungan

"N tempat menabungkan uang; celengan,uang tabungan; uang simpanan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo