• Produk
  • Promo
  • Artikel

Multifinance

“Perusahaan pembiayaan adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang dan/atau jasa.”

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29/POJK.05/2014

Apa itu Multifinance?

Multifinance atau perusahaan pembiayaan adalah lembaga keuangan yang bergerak dalam bidang usaha peminjaman dana kepada debitur atau nasabah untuk melakukan pembelian suatu barang atau jasa. Perusahaan multifinance adalah salah satu lembaga keuangan penting yang sudah terbukti memberikan manfaat serta kontribusi kepada masyarakat baik dalam dunia usaha ataupun usaha kecil menengah.

Perusahaan pembiayaan ini bukanlah termasuk dalam lembaga keuangan bank, tetapi dalam kegiatan operasionalnya tetap diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.  Perbedaan lembaga pembiayaan dengan bank adalah dalam pemberian dana atau modal.

Jika Bank diperbolehkan memberikan dana secara tunai, perusahaan pembiayaan biasanya tidak bisa melakukan hal ini, melainkan hanya memberikan dana kepada penjual kemudian penjual memberikan barang atau jasa ke konsumen. Dengan demikian, ikatan utang piutang yang terjadi selanjutnya adalah antara perusahaan pembiayaan dengan konsumen.

Selain itu, perbedaan lainnya antara  perusahaan multifinance dan bank adalah perusahaan multifinance tidak bisa menarik dana langsung dalam bentuk simpanan atau tabungan dari masyarakat, tetapi hanya diperbolehkan menarik uang pinjaman saja.

Contoh Perusahaan Multifinance

Dalam masyarakat sekarang, jasa perusahaan multifinance ini umum dimanfaatkan ketika ingin membeli kendaraan bermotor. Harga kendaraan bermotor baru yang selalu naik tiap tahunnya tentunya sedikit menyusahkan bagi masyarakat dengan pendapatan kecil untuk membeli secara tunai. Maka dari itu, bermunculan berbagai perusahaan pembiayaan bermotor.

Ketika masyarakat ingin membeli kendaraan bermotor di dealer, biasanya ditanyakan apakah ingin membeli secara tunai atau kredit. Jika memilih secara kredit, pihak dealer biasanya akan menghubungkan calon pembeli ke perusahaan multifinance yang telah bekerja sama dengan dealer tersebut. Pihak multifinance akan melakukan scoring atau analisis terhadap data calon pembeli sebelum akhirnya memberikan dana kepada dealer sebagai dana pembelian kendaraan bermotor tersebut.

Jika disetujui, selanjutnya pembeli hanya perlu membayarkan uang muka di awal perjanjian. Kendaraan bermotor bisa langsung dibawa pulang dengan segera. Bersamaan dengan itu pembeli berkewajiban mengembalikan dana perusahaan multifinance beserta bunga yang disetujui sesuai program pembiayaan yang dipilih setiap bulan.

Jenis-jenis Perusahaan Multifinance

Terdapat beberapa jenis perusahaan multifinance yang ada di Indonesia, di antaranya:

  1. Perusahaan Pembiayaan Kendaraan Bermotor
  2. Perusahaan Pembiayaan Mesin dan Alat Berat
  3. Perusahaan Pembiayaan Peralatan Elektronik dan Rumah Tangga

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Jaminan

"n tanggungan atas pinjaman yang diterima; agunan: ia meminjam uang kepada bank dengan ~ sebuah rumah dan sebidang tanah miliknya"

Selengkapnya

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo