Multi Lane Free Flow (MLFF)

Definisi Multi Lane Free Flow (MLFF)

Multi Lane Free Flow (MLFF) Toll Transaction System adalah sebuah sistem yang digunakan untuk pembayaran tarif tol tanpa perlu pengendara berhenti di gardu jalan tol sehingga dapat terus melaju. Hal ini ditujukan untuk mengurangi kemacetan karena banyaknya pengendara yang berhenti.

kemenkeu.go.id

Sejak kapan Multi Lane Free Flow (MLFF) berlaku?

Sistem pembayaran non tunai berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) mulai diaplikasikan secara bertahap. Rencananya akan dimulai pada akhir tahun 2022 dan kemungkinan dapat digunakan diseluruh tol pada akhir tahun 2023.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Bagaimana cara melakukan pembayaran Multi Lane Free Flow (MLFF)?

Pembayaran Multi Lane Free Flow (MLFF) akan menggunakan sebuah aplikasi bernama Cantas. Aplikasi Cantas rencananya akan bebas kuota Internet sebagai Electronic On-Board Unit (e-OBU). Penggunanya hanya cukup mengunduh aplikasi, dan dalam aplikasi tersebut sudah ada built-in OBU-nya sehingga tidak perlu membeli OBU dalam bentuk fisik.

Cara kerja Multi Lane Free Flow (MLFF)

Sebelumnya, pastikan Anda telah mendownload aplikasi khusus jalan tol di ponsel yang bernama Cantas. Saat kendaraan memasuki tol, GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching di central system. Sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS). Ketika kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif yang muncul pada aplikasi Catnas. Jika tarif sudah ditentukan, pengguna tol dapat melakukan transaksi pembayaran.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍