• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Mudharabah Muqayyadah

“Bentuk kerja sama antara dua atau lebih pihak di mana pemilik modal (shahibul amal) mempercayakan sejumlah modal kepada pengelola (mudharib) dengan suatu perjanjian di awal. Bentuk ini menegaskan kerja sama dengan kontribusi seratus persen modal dari pemilik modal dan keahlian dari pengelola.”

Wikipedia

“Akad yang dilakukan antara pemilik modal untuk usaha yang ditentukan oleh pemilik modal (shahibul maal) dengan pengelola (mudharib), dimana nisbah bagi hasil disepakati di awal untuk dibagi bersama, sedangkan kerugian (rugi) ditanggung oleh pemilik modal.”

MediaBPR

Jenis-jenis Mudharabah

Mudharabah Muqayyadah merupakan salah satu dari beberapa jenis akad Mudharabah, beberapa lainnya adalah: 

  1. Mudharabah Muthlaqah adalah bentuk kerja sama antara pemilik dana dengan pengelola dana. Pengelolaan dana memiliki sifat dana bebas yang tidak memiliki batas dalam menentukan usaha dan pelaksanaan. Pemilik dana memberikan kebebasan penuh pada pengelola. Digunakan untuk produk tabungan atau pembiayaan lain.
  2. Mudharabah Musytarakah biasanya digunakan oleh berbagai pebisnis yang ingin secara independen mengelola bisnisnya, sedangkan pihak pengelola hanya sebagai pelaksanaan saja. Dengan berjalannya usaha, pihak pengelola juga dapat ikut menanamkan modalnya di usaha.

Manfaat Mudharabah Muqayyadah

Mudharabah Muqayyadah merupakan jenis akad Mudharabah antara pemilik dana dengan pengelola dana yang saling bekerja sama. Tugas daripada pemilik dana adalah untuk menentukan objek usaha, sedangkan pengelola dana hanya menjalankannya saja. Mudharabah Muqayyadah dimanfaatkan untuk membiayai pembiayaan tertentu yang mempunyai prospek margin yang tinggi atau sesuai dengan permintaan pemilik.

Bank Syariah pada transaksi ini merupakan agen penghubung antara mudharib dengan shahibul maal. Maka dari itu, bank Syariah akan mendapatkan keuntungan seperti upah biaya. Jumlah yang diperoleh oleh bank Syariah selalu tetap dan tidak bergantung pada keadaan usaha yang dilakukan. Biaya yang diterima ini harus dimasukkan dalam laporan laba rugi sebagai pendapatan.

Fitur Mudharabah Muqayyadah

Fitur pada Mudharabah Muqayyadah antara lain:

  1. Bank dapat digunakan sebagai channelling agent, dimana bank dan nasabah dapat menerima dana dari shahibul maal dan bank dapat bertindak sebagai perantara atau penghubung.
  2. Bank sebagai executing agent, dimana bank dapat menerima modal atau dana dari pemilik dana (shahibul maal) untuk dimasukkan pada sektor pembiayaan yang disepakati. Nasabah juga mendapatkan modal untuk dikelola sebagai mudharib, dan sanabah juga dapat berhutang pada Bank.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Syariah

"Bank yang menggunakan sistem dan operasi perbankan berdasarkan prinsip syariah Islam, yaitu mengikuti tata cara berusaha dan perjanjian berusaha yang dituntun oleh Alquran dan Al Hadis, dan mengikuti tata cara berusaha dan perjanjian berusaha yang tidak dilarang oleh Alquran dan Al Hadis (Islamic banking)."

Selengkapnya

Modal

"n uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya: ia menanam --nya dalam perusahaaan itu."

Selengkapnya

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo