• Produk
  • Promo
  • Artikel

Modal Ventura

Penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan pasangan usaha untuk: (a) mengembangkan penemuan baru, (b) mengembangkan perusahaan yang pada tahap awal usahanya mengalami kesulitan dana, (c) membantu perusahaan yang berada pada tahap pengembangan, (d) membantu perusahaan yang berada pada tahap kemunduran usaha, (e) mengembangkan proyek penelitian dan rekayasa, (f) mengembangkan berbagai penggunaan teknologi baru dan alih teknologi baik dari dalam maupun luar negeri, dan (g) membantu pengalihan pemilikan perusahaan penyertaan modal dalam setiap perusahaan pasangan usaha bersifat sementara dan tidak boleh melebihi jangka waktu sepuluh tahun penarikan kembali penyertaan modal (divestasi) oleh perusahaan modal ventura dalam segala bentuknya dilaporkan kepada Menteri Keuangan selambat-lambatnya tiga bulan setelah dilaksanakan (venture capital).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Modal Ventura?

Modal ventura atau venture capital adalah badan usaha yang melakukan investasi dalam bentuk usaha pembiayaan modal untuk suatu perusahaan swasta sebagai rekan/mitra bisnis yang menerima bantuan pendanaan untuk jangka waktu tertentu. Modal ventura umumnya diberikan kepada perusahaan startup (perusahaan rintisan).

Biasanya investasi modal ventura diberikan dalam bentuk uang tunai yang nantinya akan ditukar dengan sejumlah saham di perusahaan mitra bisnis. Modal ventura merupakan investasi berisiko tinggi, namun memiliki investasi pengembalian yang juga tinggi. Sebagian besar dana yang didapatkan untuk modal ventura berasal dari investor, bank investasi, dan lembaga keuangan yang melakukan penggalangan dana untuk tujuan investasi ini. 

Jenis Pembiayaan Modal Ventura

  1. Equity Financing – Perusahaan modal ventura mengambil bagian dari total saham yang dimiliki perusahaan mitra bisnis.
  2. Semi Equity Financing – Perusahaan modal ventura membeli obligasi konversi yang diterbitkan oleh perusahaan mitra bisnis.
  3. Membangun Bisnis Baru – Perusahaan modal ventura bekerja sama dengan perusahaan mitra dalam membangun bisnis yang baru.
  4. Bagi Hasil – Kedua belah pihak mendapatkan sebagian dari keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Modal

"n uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya: ia menanam --nya dalam perusahaaan itu."

Selengkapnya

Pendanaan

Penyediaan dana yang bersumber dari utang lain untuk menyelesaikan utang ada satu atau sebelum jatuh tempo dengan kondisi yang lebih menguntungkan, misalnya dengan menerbitkan obligasi (funding).

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo