• Produk
  • Promo
  • Artikel

Modal Tetap

Modal perusahaan yang tertanam dalam harta tetap, hak paten, dan muhibah (goodwill), tanah dan mesin-mesin, serta saham dan surat berharga lainnya (fixed capital).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Modal Tetap?

Modal tetap adalah segala jenis aset fisik yang riil yang mencakup investasi aset dan modal (seperti bangunan, kendaraan, pabrik, dan peralatan) yang diperlukan untuk memulai dan menjalankan bisnis. Aset ini dianggap tetap karena tidak dikonsumsi selama produksi barang atau jasa karena dapat digunakan kembali. Investasi modal tetap biasanya disusutkan pada laporan akuntansi perusahaan selama periode waktu yang lama (hingga 20 tahun atau lebih).

Modal tetap tidak termasuk bahan yang digunakan dalam komposisi barang yang diproduksi. Investasi dalam modal tetap termasuk penambahan alat dan peralatan baru, serta properti yang diperlukan untuk membuat dan menampung barang yang diproduksi. Aset tetap dapat dijual kembali dan digunakan kembali kapan saja sebelum masa manfaatnya berakhir.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Modal

"n uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya: ia menanam --nya dalam perusahaaan itu."

Selengkapnya

Barang Konsumsi

Barang yang dipakai secara langsung atau tidak langsung oleh konsumen untuk keperluan pribadi atau rumah tangga yang bersifat sekali habis; barang tersebut berbeda dengan barang yang digunakan dalam proses produksi (consumption goods; consumer goods).

Selengkapnya

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo