• Produk
  • Promo
  • Artikel

Mobilitas Tenaga Kerja

Kemudahan peralihan kerja, baik pada tingkat yang sama maupun ke tingkat yang lebih tinggi atau lebih rendah atau ke jenis pekerjaan yang berlainan (labour mobility).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Mobilitas Tenaga Kerja?

Mobilitas tenaga kerja adalah pergerakan atau peralihan geografis dan pekerjaan tenaga kerja. Mobilitas tenaga kerja yang paling baik diukur dari kurangnya hambatan yang terjadi dalam proses peralihan. Mobilitas tenaga kerja merupakan salah satu faktor penting dalam studi ekonomi karena melihat bagaimana tenaga kerja, sebagai salah satu faktor utama produksi, dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi.

Ada dua jenis utama mobilitas tenaga kerja: geografis dan pekerjaan. Mobilitas geografis mengacu pada kemampuan pekerja untuk bekerja di lokasi tertentu, sedangkan mobilitas pekerjaan mengacu pada kemampuan pekerja untuk mengubah jenis pekerjaan. Meningkatkan dan mempertahankan mobilitas tenaga kerja tingkat tinggi memungkinkan alokasi sumber daya yang lebih efisien. Mobilitas tenaga kerja telah terbukti menjadi pendorong kuat inovasi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pekerja Kantor

Pekerja yang banyak menggunakan daya pikiran dalam melakukan pekerjaan (white - collar worker).

Selengkapnya

Industri

Kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang atau jasa (industry).

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo