Merger and Acquisition (M&A)

Definisi Merger and Acquisition (M&A)

adalah istilah umum yang menggambarkan konsolidasi perusahaan atau aset melalui berbagai jenis transaksi keuangan, termasuk merger, akuisisi, konsolidasi, penawaran tender, pembelian aset, dan akuisisi manajemen.

Investopedia

Apa itu Merger and Acquisition (M&A)?

Meskipun keduanya sering dianggap sama, Merger dan Acquisition/Akuisisi memiliki pengertian yang berbeda. Merger adalah ketika dua perusahaan, umumnya berukuran yang sama, memutuskan untuk bergabung dan membentuk sebuah entiti yang baru daripada mengandalkan pihak masing-masing. Acquisition adalah ketika suatu perusahaan membeli perusahaan yang lebih kecil dan secara otomatis menjadikannya sebagai pemilik perusahaan yang dibeli.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Jenis Merger and Acquisition (M&A)

  • Merger: Dilakukan setelah direksi dari kedua perusahaan memutuskan untuk menggabungkan perusahaan dengan persetujuan stakeholder. Contohnya adalah perusahaan Gojek dan Tokopedia yang menghasilkan GoTo Group, namun tetap mempertahankan perusahaannya masing-masing.
  • Acquisition: Sebuah perusahaan membeli sebagian besar kepemilikan perusahaan yang lebih kecil, namun tidak mengubah elemen maupun struktur perusahaan yang dibeli. Contohnya adalah The Walt Disney Company yang terkenal dengan akuisisinya dengan Marvel Entertainment serta 21st Century Fox.
  • Consolidations: Menciptakan perusahaan baru dengan menggabungkan bisnis inti dan meninggalkan struktur perusahaan lama. Stakeholder kedua perusahaan harus menyetujui konsolidasi, dan setelah persetujuan, menerima saham ekuitas biasa di perusahaan baru. Misalnya, pada tahun 1998, Citicorp dan Travelers Insurance Group mengumumkan konsolidasi, yang menghasilkan Citigroup
  • Tender Offers: Suatu perusahaan menawarkan untuk membeli saham dari perusahaan lain dengan harga tertentu daripada harga pasar. Perusahaan yang mengakuisisi mengomunikasikan penawaran tersebut secara langsung kepada pemegang saham perusahaan lain, melewati manajemen dan dewan direksi. Contohnya adalah perusahaan Johnson & Johnson yang melakukan tender offer kepada Omrix Biopharmaceuticals seharga $438 juta.
  • Acquisitions of Assets: Suatu perusahaan secara langsung mengakuisisi aset perusahaan lain. Perusahaan yang akan diakuisisi asetnya harus mendapat persetujuan dari stakeholder. Jenis M&A ini umumnya dilakukan ketika suatu perusahaan mengalami kebangkrutan, dimana perusahaan lain menawar berbagai aset dari perusahaan yang bangkrut, yang dilikuidasi pada saat transfer akhir aset ke perusahaan yang mengakuisisi.
  • Management Acquisitions: Ketika eksekutif perusahaan membeli saham pengendali di perusahaan lain, dan menjadikannya perusahaan pribadi. Mantan eksekutif ini sering bermitra dengan pemodal atau mantan pejabat perusahaan dalam upaya membantu mendanai transaksi. Transaksi M&A ini biasanya dibiayai secara tidak proporsional dengan utang, dan mayoritas pemegang saham harus menyetujuinya. Misalnya, pada tahun 2013, Dell Corporation mengumumkan bahwa ia diakuisisi oleh pendirinya, Michael Dell.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍