• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Mata Uang

"Uang dari logam."

"Satuan harga uang"

"Satuan uang suatu negara."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Uang beredar dalam bentuk uang kertas dan uang logam yang merupakan alat pembayaran yang sah (currency)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Mata Uang?

Mata uang adalah satuan harga uang yang disetujui oleh pemerintah dan rakyatnya dalam sebuah negara. Sebuah negara memiliki mata uangnya masing-masing. Walaupun beberapa negara memiliki jenis mata uang yang sama. Misalnya, di Indonesia, mata uangnya adalah Rupiah, sedangkan di Jepang mata uangnya adalah Yen. Sedangkan negara yang menggunakan mata uang yang sama misalnya Amerika, Ekuador, Kamboja, Panama, dan Kawasan Samudera Hindia Britania.

Fungsi Mata Uang

Fungsi dari mata uang sama dengan uang pada umumnya yaitu sebagai alat tukar. Perbedaannya adalah nilainya. Setiap mata uang memiliki nilai tukar yang berbeda-beda. Misalnya 1 US Dolar memiliki nilai sebesar 14.000 ke mata uang Rupiah. Hal tersebut ditentukan oleh beberapa faktor. Nilai tukar mata uang ini disebut kurs. Antara mata uang satu dengan lainnya memiliki kurs yang berbeda dan nilainya fluktuatif setiap hari.

Faktor-faktor yang Menentukan Nilai Tukar

  • Tingkat Inflasi. Sebuah negara yang tingkat kemakmurannya tinggi, inflasinya akan rendah. Sehingga nilai tukar uangnya akan menguat.
  • Tingkat Suku Bunga. Suku bunga juga terkait dengan inflasi. Pemerintah akan menaikan suku bunga saat terjadi inflasi. Akibatnya para investor asing akan tertarik untuk kembali melakukan investasi di negara tersebut. Sehingga nilai tukar mata uang akan stabil kembali.
  • Neraca Perdagangan. Neraca perdagangan didasarkan oleh hasil pembayaran ekspor-impor suatu negara. Negara yang mendapatkan hasil lebih besar dari negara partner-nya mata uangnya akan menguat.
  • Utang Publik. Utang publik juga bisa menentukan nilai tukar mata uang. Negara yang memiliki utang tinggi, mata uangnya akan melemah.
  • Ekspor - Impor. Jika ekspor di suatu negara lebih besar daripada impor, sudah dipastikan mata uang dari negara tersebut akan menguat.
  • Kondisi Ekonomi dan Politik. Kondisi ekonomi dan politik suatu negara berdampak pada nilai tukar mata uangnya. Ini terkait akan investor yang akan melakukan investasi. Investor akan memilih negara dengan kondisi ekonomi dan politik yang stabil.
  • Kontrol Pemerintah. Kebijakan pemerintah juga merupakan faktor penentu dalam nilai tukar mata uang sebuah negara.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Xenocurrency

“Currency that trades outside its external borders”

Selengkapnya

Valuta Asing

"N mata uang asing yang digunakan dalam perdagangan internasional."

Selengkapnya

Globalisasi

glo·ba·li·sa·si "n proses masuknya ke ruang lingkup dunia"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo