• Produk
  • Promo
  • Artikel

Masa Tenggang

Kelonggaran waktu dalam pembayaran kembali angsuran pinjaman pokok dan atau bunga yang disepakati oleh kedua pihak; masa tenggang ini diperkirakan cukup untuk mencapai tingkat produksi yang memungkinkan bagi dimulainya pembayaran sebagian pinjaman dan bunga tanpa berpengaruh pada modal kerja perusahaan (grace period).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Masa Tenggang?

Masa tenggang adalah batas waktu yang ditetapkan setelah tanggal jatuh tempo dimana pembayaran dapat dilakukan tanpa penalti. Selama periode masa tenggang, tidak ada biaya keterlambatan yang dikenakan atau pembatalan pinjaman atau kontrak. Masa tenggang berkisar dari beberapa menit, hingga beberapa hari atau bahkan lebih lama. Masa tenggang dapat berlaku dalam situasi seperti membayar tagihan, atau memenuhi persyaratan pemerintah atau hukum.

Perjanjian yang mencantumkan masa tenggang akan menjelaskan apa yang terjadi jika pembayaran tidak dilakukan pada akhir periode. Penalti dapat mencakup biaya pembayaran yang terlambat, kenaikan suku bunga penalti, atau pembatalan kredit. 

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Jatuh Tempo

“Batas waktu pembayaran atau penerimaan sesuatu dengan yang telah ditetapkan; sudah lewat waktunya; kedaluwarsa.”

Selengkapnya

Batas Atas Jatuh Tempo

Perjanjian atau persepakatan yang melindungi peminjam dari kenaikan suku bunga tertinggi tertentu sehingga peminjam tidak akan membayar lebih dari suku bunga tersebut; atas perjanjian tersebut, peminjam dikenai biaya (cap fee) (interest rate cap).

Selengkapnya

Tagihan

"hasil menagih,uang dan sebagainya yang harus ditagih."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo