• Produk
  • Promo
  • Artikel

Market

Apa itu Market?

Market atau yang biasa kita sebut Pasar adalah sebuah tempat dimana dua pihak dapat berkumpul untuk memfasilitasi pertukaran barang dan jasa. Pihak yang terlibat biasanya pembeli dan penjual. Pasar mungkin berbentuk fisik seperti outlet ritel, tempat orang bertemu tatap muka, atau virtual seperti pasar online, di mana tidak ada kontak fisik langsung antara pembeli dan penjual.

Istilah pasar juga memiliki bentuk lain. Misalnya, kata ini bisa merujuk ke tempat sekuritas yang diperdagangkan atau pasar sekuritas. Selain itu, istilah ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan kumpulan orang yang ingin membeli produk atau layanan tertentu seperti pasar perumahan atau pasar berlian global.

Secara teknis, pasar adalah tempat di mana dua pihak atau lebih dapat bertemu untuk melakukan transaksi ekonomi (baik legal maupun ilegal). Transaksi pasar mungkin melibatkan barang, jasa, informasi, mata uang, atau kombinasi dari semuanya ini yang berpindah dari satu pihak ke pihak lain.

Pasar dapat diwakili oleh lokasi fisik tempat transaksi dilakukan. Ini termasuk toko ritel dan bisnis serupa lainnya yang menjual barang individu ke pasar grosir, atau yang menjual barang ke distributor lain. Toko dan situs lelang berbasis internet seperti Tokopedia adalah contoh pasar di mana transaksi dapat dilakukan sepenuhnya secara online dan pihak yang terlibat tidak pernah terhubung secara fisik.

Jenis-Jenis Pasar

Pasar sangat bervariasi karena sejumlah alasan, termasuk jenis produk yang dijual, lokasi, durasi, ukuran, dan konstituensi basis pelanggan, ukuran, legalitas, dan banyak faktor lainnya. Selain dari dua pasar yang paling umum - fisik dan virtual - ada jenis pasar lain di mana para pihak dapat berkumpul untuk melakukan transaksi mereka.

Pasar gelap

Pasar gelap mengacu pada pasar ilegal di mana transaksi terjadi tanpa sepengetahuan pemerintah atau badan pengatur lainnya. Banyak pasar gelap ada untuk menghindari undang-undang perpajakan yang ada. Inilah sebabnya mengapa banyak melibatkan transaksi tunai saja atau bentuk mata uang lainnya, membuatnya lebih sulit untuk dilacak.

Pasar Lelang

Pasar lelang mempertemukan banyak orang untuk jual beli banyak barang tertentu. Pembeli atau penawar mencoba mengungguli satu sama lain untuk harga pembelian. Barang-barang yang akan dijual akhirnya jatuh ke penawar tertinggi.

Pasar finansial

Pasar keuangan istilah yang mengacu pada tempat di mana sekuritas, mata uang, obligasi, dan sekuritas lainnya diperdagangkan antara dua pihak. Pasar-pasar ini adalah dasar dari masyarakat kapitalis, dan mereka menyediakan pembentukan modal dan likuiditas untuk bisnis. Pasar jenis ini ada secara fisik atau virtual.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Pasar

1. tempat umum untuk menjual dan membeli barang; 2. bertemunya penjual dan pembeli barang atau jasa, tidak selalu harus ada tempat secara fisik, misalnya pasar uang (market).

Selengkapnya

Negosiasi

"/ne·go·si·a·si/ /"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo