Market Share

Definisi Market Share

Apa Itu Market Share?

Market Share atau yang biasa disebut juga dengan pangsa pasar adalah persentase dari total penjualan dalam suatu industri yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu. Pangsa pasar dihitung dengan mengambil penjualan perusahaan selama periode tersebut dan membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama. Metrik ini digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan pesaingnya. Market leader dalam suatu industri adalah perusahaan dengan pangsa pasar terbesar.

Pangsa pasar perusahaan adalah bagian dari total penjualan dalam kaitannya dengan pasar atau industri tempat perusahaan beroperasi. Untuk menghitung pangsa pasar perusahaan, pertama-tama tentukan periode yang ingin diperiksa. Ini bisa berupa kuartal fiskal, tahun, atau hitungan tahun.

Selanjutnya, hitung total penjualan perusahaan selama periode tersebut. Kemudian, cari tahu total penjualan industri perusahaan tersebut. Terakhir, bagi total pendapatan perusahaan dengan total penjualan industrinya.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Manfaat Pangsa Pasar

Investor dan analis memantau kenaikan dan penurunan pangsa pasar dengan hati-hati karena ini dapat menjadi tanda daya saing relatif dari produk atau layanan perusahaan. Seiring pertumbuhan total pasar untuk produk atau layanan, perusahaan yang mempertahankan pangsa pasarnya meningkatkan pendapatan pada tingkat yang sama dengan total pasar. Perusahaan yang menumbuhkan pangsa pasarnya akan meningkatkan pendapatannya lebih cepat daripada para pesaingnya.

Peningkatan pangsa pasar memungkinkan perusahaan mencapai skala yang lebih besar dengan operasinya dan meningkatkan profitabilitas. Sebuah perusahaan dapat mencoba memperluas pangsa pasarnya, baik dengan menurunkan harga, menggunakan iklan, atau memperkenalkan produk baru atau produk berbeda. Selain itu, ia juga dapat meningkatkan ukuran pangsa pasarnya dengan menarik audiens atau demografi lain.

Dampak Pangsa Pasar

Perubahan pangsa pasar memiliki dampak yang lebih besar pada kinerja perusahaan dalam industri yang matang atau siklus dimana terdapat pertumbuhan yang rendah. Sebaliknya, perubahan pangsa pasar berdampak lebih kecil pada perusahaan dalam industri yang sedang berkembang. Dalam industri ini, total pai tumbuh, sehingga perusahaan masih dapat meningkatkan penjualan meskipun mereka kehilangan pangsa pasar. Untuk perusahaan dalam situasi ini, kinerja saham lebih dipengaruhi oleh pertumbuhan penjualan dan margin dibandingkan faktor lainnya.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍