Market Cap

Definisi Market Cap

Market Cap atau kapitalisasi pasar adalah nilai keseluruhan pasar secara agregat dari sebuah perusahaan. Perhitungan kapitalisasi pasar berdasarkan pada total pengalian dari jumlah outstanding saham perusahaan yang diperdagangkan di pasar dengan harga saham dari perusahaan tersebut.

OCBC Nisp

Apa itu Market Cap?

Biasanya, market cap digunakan oleh investor untuk mengukur kualitas perusahaan. 

Bagi investor, market cap adalah ukuran yang menunjukkan seberapa besar ukuran perusahaan.

Market cap adalah cara cepat dan mudah bagi investor untuk mengetahui nilai dari perusahaan. Semakin besar market cap dari perusahaan, maka semakin besar pula nilainya bagi perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di publik.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Market Cap

Hal pertama yang memengaruhi market cap adalah jumlah peredaran saham di pasar (outstanding shares) serta harga jual perlembarnya. Kondisi tersebut mendorong nilai kapitalisasi pasar terus bergerak naik turun.

Faktor kedua yang memengaruhi market cap adalah sentimen masyarakat. Misalnya saja pada awal pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu mulai ramai. Momen-momen tersebut turut membuat nilai kapitalisasi pasar berbagai perusahaan farmasi meningkat pesat.

Jenis Market Cap

Berikut 3 jenis market cap berdasarkan ukuran besaran.

  • Small-Cap

Perusahaan dengan market cap yang kecil sekitar 250 juta - 2 miliar dollar AS. Biasanya perusahaan yang memiliki small-cap ini adalah bisnis yang masih sangat terpengaruh akan naik dan turunnya perekonomian. Tak heran, nilai saham dari perusahaan berjenis small-cap ini juga cenderung belum stabil dan masih naik turun dan juga tidak memiliki likuiditas layaknya perusahaan besar.

  • Mid-Cap

Sama dengan jenisnya, perusahaan yang memiliki market cap sedang ini disebut juga mid-cap. Biasanya perkembangan dan kemajuan dari perusahaan yang memiliki ukuran mid-cap sangatlah pesat dan dapat dikategorikan memiliki pertumbuhan yang cepat. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika ada kerugian, maka kerugian yang didapat cukuplah ekstrim.

  • Big-Cap

Perusahaan dengan market cap besar biasanya memiliki nilai sekitar 10 miliar dollar AS atau bahkan lebih. Perusahaan yang bertemakan big-cap ini akan lebih stabil menghadapi keadaan pasar yang naik dan turun. Kondisi pasar tidak akan mudah merubah keadaan perusahaan. Kebanyakan perusahaan yang memiliki market cap besar ini sudah sangat terkenal dikalangan banyak orang di hampir seluruh dunia.

Skala Market Cap di Indonesia

Secara umum, Bursa Efek Indonesia membagi skala perusahaan berdasarkan kapitalisasi pasar ke dalam tiga kelompok, yaitu:

1. Saham kapitalisasi besar (big cap alias blue chip)

Saham atau perusahaan yang disebut Big Caps memiliki kapitalisasi raksasa di atas Rp10 triliun. Perusahaan yang masuk deretan Blue Chip dikenal memiliki kinerja keuangan yang relatif stabil. Beberapa saham Blue Chip alias Big Caps di Indonesia antara lain adalah Astra International Tbk (ASII), Bank Central Asia Tbk (BBCA), Unilever Tbk (UNVR), dan PT Telkom Tbk (TLKM).

2. Saham kapitalisasi sedang (middle Cap alias second liner)

Deretan baris kedua di bawah Big Caps ada saham-saham Middle Caps. Biasanya, deretan saham ini juga disebut second liner sesuai dengan kondisinya yang berada di bawah baris Big Caps.

Saham Middle Caps memiliki nilai kapitalisasi pasar di antara Rp1 triliun sampai Rp10 triliun.

3. Saham kapitalisasi kecil (small cap alias third liner)

Di barisan ketiga di bawah Blue Chip dan Second Liner, ada lho Third Liner. Sesuai namanya, saham-saham di lapis ketiga ini memiliki kapitalisasi pasar yang lebih kecil ketimbang perusahaan Big Caps atau Middle Caps. Makanya deretan saham di kategori ini disebut sebagai Small Caps.

Cara Menghitung Market Cap

Untuk mengetahui perkembangan pasar modal di suatu negara, berikut cara untuk menghitung market cap dengan mudah.

Market Cap = harga pasar x harga saham per lembar

Selain menghitung market cap, melihat perkembangan pasar modal juga harus mempertimbangkan jumlah saham, jumlah perusahaan, nilai transaksi dan juga indeks harga saham gabungan.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍