• Produk
  • Promo
  • Artikel

Manajer Investasi

"Manajer Investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Manajer Investasi?

Manajer Investasi adalah pihak yang mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.04/2018 Tentang Penerapan Tata Kelola Manajer Investasi.

Untuk menjadi seorang Manajer Investasi, seseorang harus mendapatkan sertifikasi profesi Wakil Manajer Investasi (WMI).

Tugas Manajer Investasi

  1. Mengelola portofolio efek nasabah berdasarkan perjanjian pengelolaan dana sesuai peraturan Pengawas Pasar Modal.
  2. Mengelola portofolio investasi kolektif melalui wadah produk-produk yang telah diatur dalam peraturan Pengawas Pasar Modal.
  3. Kegiatan lainnya yang sesuai ketentuan Pengawas Pasar Modal.

Cara Memilih Manajer Investasi yang Tepat

  1. Perhatikan legalitas Manajer Investasi. Sebelum memilih Manajer Investasi, perhatikan dulu legalitas perusahaan investasi tersebut, apakah sudah terdaftar di OJK atau belum?
  2. Cek kompetensi dan konsistensi kinerja Manajer Investasi. Perhatikan pengalaman dan portofolio yang pernah Manajer Investasi kelola. Pastikan kalau kinerjanya konsisten dalam mengelola reksa dana.
  3. Perhatikan transparansi biaya. Masing-masing Manajer Investasi memasang harga yang berbeda satu sama lain. Pilihlah Manajer Investasi yang memberikan transparansi tarif sehingga kita tahu pasti digunakan untuk apa saja dana yang kita bayar & berapa besarannya.
  4. Perhatikan gaya berinvestasinya. Setiap manajer investasi punya caranya masing-masing untuk menjanjikan dan memberikan keuntungan tiap tahunnya. Ada yang besar, ada pula yang kecil tergantung dengan risiko yang mereka ambil. Jika Manajer Investasi tersebut cenderung bermain agresif, maka keuntungan yang didapat bisa jadi sangat tinggi, tetapi risikonya pun juga sangat besar dan begitu pula sebaliknya. Jadi, pastikan gaya berinvestasi Manajer Investasi juga menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan pilihan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Investasi

“Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Sekuritas

/se·ku·ri·tas/

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo