• Produk
  • Promo
  • Artikel

Manajemen Risiko

Pengelolaan berbagai bentuk risiko yang berhubungan dengan operasional bank sesuai dengan prinsip kehati-hatian guna mengontrol risiko pembiayaan yang terdiri atas risiko kredit, risiko suku bunga dengan cara cegah risiko (hedging), financial futures, dan batas atas suku bunga (interest rate caps), tujuannya untuk mengendalikan biaya dana, anggaran biaya bunga, dan membatasi tekanan terhadap perubahan tingkat suku bunga (risk management).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Manajemen Risiko?

Manajemen risiko adalah suatu proses perencanaan, pengaturan, memantau, dan mengelola risiko potensial untuk meminimalkan dampak negatif yang mungkin terjadi terhadap suatu organisasi atau perusahaan. Proses manajemen risiko yang efektif akan membantu mengidentifikasi risiko mana yang menjadi ancaman terbesar bagi perusahaan, dan memberikan panduan untuk menanganinya. Manajemen risiko dibuat untuk melindungi perusahaan atau organisasi yang mencakup karyawan, properti, reputasi, dan lainnya.

Tujuan Manajemen Risiko

  • Tersedianya perlindungan akan kemungkinan terjadinya risiko dalam perusahaan.
  • Rencana keuangan tidak terganggu jika terjadi force majeure.
  • Memberikan perlindungan untuk perusahaan dari tingkat risiko yang signifikan yang dapat menghambat proses pencapaian tujuan perusahaan.
  • Membantu proses pembuatan kerangka kerja yang ada dalam proses bisnis dan fungsi dalam perusahaan.
  • Mendorong manajemen untuk bertindak proaktif dalam mengurangi potensi risiko.
  • Peringatan untuk berhati-hati dalam menghadapi risiko perusahaan dalam mencapai tujuan yang diinginkan bersama.
  • Meningkatkan kinerja perusahaan dengan memberikan informasi tingkat risiko yang disebutkan dalam peta risiko.
  • Membangun kemampuan individu dan manajemen untuk memahami risiko dan pentingnya manajemen risiko.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Cegah Risiko

Cara atau teknik untuk menghindari risiko yang timbul akibat adanya fluktuasi harga di pasar dalam kaitannya dengan transaksi jual beli komoditas, sekuritas, atau valuta; misalnya, dalam perjanjian pinjam meminjam dalam bentuk valuta asing diperjanjikan bahwa pembayaran kembali dilakukan dengan kurs yang disepakati; apabila kurs berubah pada saat hari pengembalian pinjaman, pembayaran tetap menggunakan kurs yang telah diperjanjikan; lindung nilai; pencagaran (hedge/hedging).

Selengkapnya

Manajemen

"n Man penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran."

Selengkapnya

Business Continuity Planning (BCP)

Petunjuk yang berisi langkah-langkah secara rinci mengenai organisasi, tanggung jawab,dan prosedur dalam upaya pencegahan dan pemulihan suatu sistem pembayaran pada saat terjadi gangguan yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal.

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo