• Produk
  • Promo
  • Artikel

Lunas

Lunas / lu·nas / v beres dan selesai dibayar (tentang utang); terbayar; impas:

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Keadaan selesainya utang karena telah dibayarnya kembali secara penuh; dalam praktik perbankan, warkat utang piutang yang telah dibayar penuh oleh debitur, biasanya dibubuhi tanda “lunas" atau “selesai" (paid in full).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Lunas?

Lunas adalah hutang yang telah dibayarkan secara penuh dan tidak ada lagi uang yang harus dibayarkan kepada pemberi hutang. Ketika suatu bank atau lembaga keuangan menerbitkan hutang untuk perseorangan atau perusahaan, penerima hutang menerima sejumlah dana dari lembaga keuangan. Dalam waktu yang ditentukan, hutang tersebut harus dilunasi sampai tidak ada lagi yang harus dibayarkan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Piutang

"Uang yang dipinjamkan (yang dapat ditagih dari seseorang); utang-piutang, uang yang dipinjam dari orang lain dan yang dipinjamkan kepada orang lain."

Selengkapnya

Instrumen Utang

Warkat yang berisi pernyataan tertulis tentang kesanggupan untuk membayar sejumlah uang pada waktu tertentu, misalnya surat aksep, promes, dan obligasi (debt instrument).

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo