Liabilities

Definisi Liabilities

Liabilitas adalah suatu kewajiban yang harus dibayar satu pihak ke pihak lainnya dalam periode waktu tertentu, baik berupa uang, jasa, barang atau manfaat ekonomi lainnya. Salah satu contoh dari liabilitas adalah pembayaran pajak atau beban gaji.

money.kompas.com dan jurnal.id

Jenis Liabilities

o Long Term Liability

Liabilitas ini memiliki jangka waktu pembayaran yang panjang, dapat diperkirakan lebih dari satu tahun. Contohnya adalah hutang dalam bentuk hipotik, utang obligasi maupun pinjaman dana.

o Short Term Liability

Liabilitas ini memiliki jangka waktu pembayaran yang pendek, seringkali disebut sebagai liabilitas lancar. Jangka pembayaran diharapkan tidak lebih dari satu tahun. Contohnya adalah utang atau kewajiban pajak penjualan, utang atau kewajiban pajak penghasilan, utang hipotek dan pinjaman dana.

o Modal

Modal juga termasuk ke dalam liabilitas. Modal merupakan bagian paling akhir dari liabilitas yang mana nilainya didapat dari selisih antara total aset dan utang. Hasil dari selisih ini adalah hak dari pemilik perusahaan.

Karakteristik Liability

o Seluruh pinjaman yang digunakan untuk meningkatkan pemasukan secara pribadi maupun perusahaan harus dibayarkan saat itu juga atau dalam jangka panjang.

o Seluruh bentuk kewajiban yang harus diselesaikan pada pihak lain, seperti pertukaran aset, pemberian layanan, transfer uang tunai maupun kegiatan lainnya yang memberi manfaat ekonomi dalam periode yang telah ditentukan sesuai dengan kesepakatan atau karena kejadian bisnis tertentu.


Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍