Leverage

Definisi Leverage

Leverage mengacu pada penggunaan utang (dana pinjaman) untuk memperkuat pengembalian dari investasi atau proyek.

Apa itu Leverage?

Leverage merupakan taktik penggunaan hutang (modal pinjaman) untuk melakukan investasi atau proyek. Hasilnya diharapkan untuk melipatgandakan potensi pengembalian dari sebuah proyek. Namun, leverage juga dapat melipatgandakan potensi risiko penurunan jika investasi tidak berjalan dengan baik.

Konsep leverage digunakan oleh investor dan perusahaan. Investor menggunakan leverage meningkatkan return yang dapat diberikan pada investasi secara signifikan, sementara perusahaan menggunakan leverage untuk membiayai aset mereka. Singkatnya, alih-alih menerbitkan saham untuk meningkatkan modal, perusahaan dapat menggunakan pembiayaan utang untuk berinvestasi dalam operasi bisnis dalam upaya meningkatkan nilai pemegang saham.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Jenis Leverage

1. Financial leverage

Manajer keuangan menggunakan dana untuk memaksimalkan keuntungan bagi pemegang saham ekuitas, seperti sekuritas, preferensi, surat utang, simpanan publik, dan sumber dana jangka panjang lainnya. Penggunaan yang seimbang antara utang terhadap ekuitas harus dipertahankan untuk meraih untung maksimal.

2. Operating leverage

Operating leverage mengandalkan biaya operasi tetap untuk menambahkan pengaruh perubahan penjualan terhadap laba operasi bisnis

3. Combined leverage

Combined leverage mengacu pada kombinasi antara kedua jenis sebelumnya dengan menggunakan biaya operasional tetap serta biaya keuangan yang juga stagnan. Seluruh biaya ini menunjukkan manfaat dan risiko leverage dalam jumlah yang sudah pasti.

Leverage vs Margin

Margin adalah jenis leverage khusus yang melibatkan penggunaan uang tunai atau posisi sekuritas yang ada sebagai jaminan yang digunakan untuk meningkatkan daya beli di pasar keuangan. Margin memungkinkan perusahaan untuk meminjam uang dari broker dengan tingkat bunga tetap untuk membeli sekuritas, atau kontrak berjangka dengan antisipasi menerima pengembalian yang sangat tinggi.

Perusahaan dapat menggunakan margin untuk menciptakan leverage, meningkatkan daya beli dengan jumlah yang dapat dimarginalkan—misalnya, jika agunan yang diperlukan untuk membeli sekuritas senilai $10.000 adalah $1.000, Anda akan memiliki margin 1:10 (dan leverage 10x).


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍