Lelang SUN

Definisi Lelang SUN

Lelang Surat Utang Negara adalah penjualan Surat Utang Negara yang diikuti oleh peserta lelang dan Bank Indonesia, dengan cara mengajukan penawaran pembelian kompetitif atau penawaran pembelian non kompetitif dalam suatu periode waktu penawaran yang telah ditentukan dan diumumkan sebelumnya.

Badan Pemeriksa Keuangan RI

Jenis - Jenis Surat Utang Negara

Sesuai Undang-Undang Nomor 24 tahun 2002, SUN memiliki 2 jenis yaitu:

1. Surat Perbendaharaan Negara (SPN)

Surat Perbendaharaan Negara (SPN) adalah SUN yang berjangka waktu maksimal 12 bulan dengan pembayaran bunga secara diskonto. Di beberapa negara SPN lebih dikenal dengan sebutan T-Bills atau Treasury Bills. SUN jenis ini biasanya ditujukan untuk investor besar.

2. Obligasi Negara (ON)

Obligasi Negara adalah SUN yang berjangka waktu lebih dari 12 bulan dengan kupon atau pembayaran bunga secara diskonto. Obligasi Negara dengan kupon memiliki jadwal pembayaran kupon yang periodik (satu, tiga bulan sekali atau enam bulan sekali)

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Cara membeli surat utang negara

Kemudahan teknologi mempermudah masyarakat untuk membeli surat utang negara. Masyarakat dapat membeli SUN secara online seperti website bareksa.com dan www.kemenkeu.go.id.

Mengutip dari kemenkeu.go.id, ada 4 langkah membeli SUN yaitu pendaftaran, pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi pembayaran, berikut caranya:

1. Siapkan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk, Nomor Rekening Bank, Nomor Single Investor Identification (SID), dan nomor rekening surat berharga. SID disebut juga Nomor Tunggal Identitas Pemodal, SID ini berupa kode tunggal yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

2. Setelah melakukan pendaftaran atau registrasi, calon investor kemudian melakukan pembelian.

3. Langkah ketiga yaitu melakukan verifikasi pemesanan. Jika pembayaran berhasil, investor mendapatkan kode pembayaran melalui SMS dan email. Kode pembayaran ini sesuai kebijakan dan masing-masing distribusi.

4. Langkah terakhir yaitu konfirmasi pembayaran. Calon investor mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN). Nantinya akan ada pemberitahuan pemesanan selesai (completed order), sesuai tanggal setelmen atau penerbitan.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍