• Produk
  • Promo
  • Artikel

Laporan Tahunan

Catatan tahunan yang berisi gambaran kondisi operasional perusahaan atau bank biasanya, terdiri atas neraca dan laporan laba-rugi serta termasuk penjelasan atas operasi perusahaan, biasanya juga dilampiri laporan hasil audit (annual report).

Otoritas Jasa Keuangan

Laporan tahunan merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang berhasil diraih organisasi dalam setahun. Data dan informasi yang akurat menjadi kunci penulisan laporan tahunan. Isi dari laporan tahunan tersebut mencakup laporan keuangan dan prestasi akan kinerja organisasi selama satu tahun.

Wikipedia

Apa Itu Laporan Tahunan?

Laporan tahunan adalah laporan yang berisi ringkasan keuangan dan aktivitas perusahaan dalam periode satu tahun. Di dalamnya terdapat analisis manajemen mengenai kondisi keuangan perusahaan, serta rencana perusahaan di masa depan. Laporan tahunan biasanya disiapkan untuk pihak eksternal, seperti investor, regulator, atau pihak-pihak yang berkepentingan.

Tujuan Laporan Tahunan

  • Menyediakan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan perusahaan.
  • Menunjukkan pencapaian manajemen atas sumber daya yang telah dipercayakan.
  • Sarana pemasaran dalam bentuk tertulis.
  • Sebagai dokumen yang berisi informasi mengenai kinerja perusahaan dan laba rugi selama satu tahun.
  • Informasi penting bagi investor yang akan berinvestasi pada perusahaan agar dapat mengetahui keadaan perusahaan.
  • Memberi gambaran mengenai tugas, peran, dan pekerjaan masing-masing bidang yang ada di perusahaan.

Tahapan Laporan Tahunan

Humas yang membuat laporan tahunan suatu perusahaan perlu memastikan tahapan-tahapan berikut untuk membuat laporan tahunan yang baik:

  1. Laporan dibuat untuk memberikan informasi mengenai prestasi perusahaan yang sudah dicapai.
  2. Menentukan kepada siapa laporan tahunan dibuat. Publik sasaran biasanya adalah calon investor, analisis keuangan, karyawan, pemerintah, hingga media massa.
  3. Menentukan tema laporan dan hal-hal penting apa saja yang akan ada dalam laporan tahunan, termasuk kunci utama yang ingin disampaikan kepada publik sasaran.
  4. Membuat laporan tahunan semenarik mungkin dengan desain yang lengkap dan menarik dan tidak hanya berisi angka dan tulisan.
  5. Membuat klasifikasi laporan menjadi beberapa bagian agar mudah dipahami. Seperti ringkasan keuangan, surat kepada pemegang saham, perkembangan perusahaan, operasi perusahaan, pernyataan keuangan, direksi perusahaan, dan informasi seputar karyawan.
  6. Memasukkan komentar pimpinan perusahaan, untuk menunjukkan komitmen dari pihak manajemen dalam memenuhi visi serta misi dari perusahaan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Laporan Keuangan

“Segala sesuatu yang dilaporkan; berita.”

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Laporan Kinerja

Laporan yang menggambarkan perbandingan antara hasil yang sesungguhnya dari rencana yang dibuat dalam suatu anggaran yang telah disusun sebelumnya (performance report).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo