• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Laporan Perubahan Modal

"Suatu laporan mengenai perubahan modal suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu, misalnya karena adanya tambahan investasi, penurunan atau peningkatan laba perusahaan, ataupun pengambilan uang untuk keperluan pribadi (capital statement)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Laporan Perubahan Modal?

Laporan Perubahan Modal adalah laporan keuangan yang menyajikan perubahan modal dalam suatu periode tertentu. Laporan perubahan modal dibuat membuat Laporan Laba Rugi dan sebelum membuat Laporan Posisi Keuangan (Neraca) karena laba bersih atau rugi bersih dalam suatu periode harus dilaporkan di dalam Laporan Perubahan Modal. Dan setelahnya, laporan ini dibuat sebelum membuat neraca karena jumlah modal pada akhir suatu periode harus dilaporkan di dalam neraca. Oleh karena itu, Laporan Perubahan Modal menjadi penghubung antara laporan laba rugi dan neraca.

Tujuan Pembuatan Laporan Perubahan Modal

Berikut ini adalah tujuan dari pembuatan laporan perubahan modal, yakni:

  1. Untuk mengikhtisarkan aktiva pembayaran dan investasi, serta dana yang telah dihasilkan dalam suatu periode yang bersangkutan.
  2. Untuk menyajikan pengungkapan perubahan modal kerja.

Unsur-Unsur dalam Laporan Perubahan Modal

Di bawah ini adalah unsur-unsur yang perlu ada untuk dapat menyusun sebuah laporan perubahan modal, yaitu:

  1. Modal awal, merupakan keseluruhan dana yang diinvestasikan untuk perkembangan sebuah perusahaan dari awal terbentuk sampai pada satu waktu tertentu sebelum terjadi penambahan modal.
  2. Laba/rugi bersih, merupakan selisih semua penghasilan dengan jumlah semua beban seperti yang tercatat di dalam laporan laba/rugi.
  3. Data prive, merupakan penarikan sejumlah modal oleh direktur atau pihak penanam modal lain untuk keperluan lain di luar kegiatan usaha utama perusahaan.
  4. Penambahan modal, merupakan selisih antara laba bersih dan prive.
  5. Hasil akhir

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Laporan Keuangan

“Segala sesuatu yang dilaporkan; berita.”

Selengkapnya

Laporan Laba Rugi

"Ikhtisar yang memuat perincian pendapatan dan biaya suatu badan usaha pada periode tertentu yang menggambarkan rugi atau laba (profit and loss statement)."

Selengkapnya

Laporan Proforma

"Ikhtisar laporan keuangan yang menunjukkan harta dan utang, atau pendapatan dan pengeluaran yang mungkin diakui pada masa mendatang; laporan ini juga menunjukkan proyeksi pendapatan apabila perusahaan akan merger dengan perusahaan lain, atau penjualan sebagian dan operasinya; perusahaan sering diminta untuk menyampaikan laporan proforma ketika mengajukan aplikasi kredit (pro formo statement)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo