• Produk
  • Promo
  • Artikel

Laku Pandai

Laku Pandai disingkat dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif, yaitu Program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi

Otoritas Jasa keuangan

Apa Itu Laku Pandai?

Laku pandai adalah program layanan keuangan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Laku Pandai adalah singkatan dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor Untuk Keuangan Inklusif. Laku pandai merupakan program keuangan inklusif yang memungkinkan masyarakat untuk membuka rekening tabungan, menabung, dan menarik dana melalui perantara agen bank. 

Program ini merekrut masyarakat untuk menjadi agen bank di daerahnya. Bank menawarkan kepada siapa saja yang berminat menjadi agen dengan membuat bank di rumah atau tempat usahanya. Agen laku pandai dapat berbentuk perorangan atau badan hukum yang bekerja sama dengan bank penyelenggara.

Produk Laku Pandai

1. Tabungan Berkarakteristik Basic Saving Account

Tabungan berkarakteristik Basic Saving Account (BSA) adalah tabungan yang tidak memiliki batas minimal saldo dan setor tunai, tidak ada biaya administrasi, namun ada batas maksimal saldo dan transaksi debit. Transaksi debit mencakup transfer ke rekening lain, tarik tunai, dan pemindahbukuan ke rekening lain dimana total jumlah transaksi tidak boleh melebihi batas maksimal. Pengajuan pembuatan rekening tabungan BSA ini dapat dilakukan melalui agen Laku Pandai, atau langsung datang ke bank yang bersangkutan.

2. Kredit Nasabah Mikro

Kredit nasabah mikro bertujuan untuk membiayai kegiatan masyarakat yang dapat mendukung keuangan inklusif dan kegiatan usaha yang produktif seperti usaha ternak, pertanian, atau pendidikan anak. Untuk mendapatkan kredit ini, masyarakat harus menjadi nasabah tabungan BSA minimal 6 bulan.

3. Asuransi Mikro

Asuransi mikro adalah program asuransi yang memberikan perlindungan untuk masyarakat dengan penghasilan rendah. Premi asuransi dimulai dari Rp10.000 untuk masa keanggotaan satu tahun. Jenis asuransi yang terdapat dalam program asuransi mikro ini yaitu asuransi kesehatan (khusus demam berdarah dan tipus), asuransi kecelakaan, asuransi kebakaran, dan asuransi gempa bumi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Pasar

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) gaya lama yang didirikan sebelum Pakto 27, 1988 dengan izin usaha dari Menteri Keuangan, badan hukumnya dapat PT, MAI, PD, atau koperasi.

Selengkapnya

Asuransi

"Perjanjian antara penanggung dan tertanggung, yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tidak terduga (insurance)."

Selengkapnya

Tabungan

"N tempat menabungkan uang; celengan,uang tabungan; uang simpanan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo