Kurs

Definisi Kurs

Kurs n nilai mata uang suatu negara yang dinyatakan dengan nilai mata uang negara lain.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Apa itu Kurs?

Kurs merupakan nilai tukar mata uang suatu negara versus mata uang negara atau zona ekonomi lain. Misalnya saja butuh berapa Rupiah untuk mendapatkan Dollar? Untuk bulan Oktober 2020 sudah mencapai Rp14.737.

promo
promo
promo
promo
promo
promo

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kurs

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi Kurs. Salah satu faktornya adalah kenaikan atau penurunan suku bunga di suatu negara. Ketika suatu negara menaikkan suku bunganya, investasi asing mengalir untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi yang akan diperoleh dari investasi, seperti obligasi pemerintah.

Peningkatan permintaan investasi suatu negara akan menyebabkan peningkatan permintaan mata uang negara tersebut. Ketika permintaan mata uang naik, nilai tukar menguat. Nilai tukar yang lebih kuat tercermin dalam penurunan mata uang lain dalam pasangan tersebut. Misalnya, jika suku bunga di Jepang naik lebih dari suku bunga AS, nilai dolar AS kemungkinan akan (tetapi tidak selalu) turun untuk mencerminkan kenaikan JPY. Dalam hal ini, kurs USD / JPY akan turun. Jika USD menguat terhadap JPY, kurs USD / JPY akan naik.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi nilai tukar mata uang internasional adalah penerapan kebijakan moneter ekspansif di mana jumlah uang beredar dalam suatu perekonomian ditingkatkan (atau diturunkan). Hal ini berlaku secara universal, peningkatan jumlah uang beredar akan menyebabkan lebih banyak mata uang domestik untuk mengejar jumlah barang dan jasa yang sama. Ini menyebabkan kenaikan harga barang-barang tersebut, dan terjadinya, inflasi. Ketika inflasi meningkat, nilai mata uang domestik menurun. Kontraksi jumlah uang beredar menurunkan penawaran dan dapat membantu meningkatkan nilai mata uang.


promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍