Konsolidasi

Definisi Konsolidasi

/kon·so·li·da·si/ n 1 perbuatan (hal dan sebagainya) memperteguh atau memperkuat (perhubungan, persatuan, dan sebagainya); 2 peleburan dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan;

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Konsolidasi?

Istilah konsolidasi berasal dari bahasa Latin consolidatus yang artinya menggabungkan menjadi satu tubuh. Apa pun konteksnya, mengkonsolidasikan melibatkan menyatukan beberapa item dalam jumlah besar menjadi satu nomor yang lebih kecil. Misalnya, seorang pelancong dapat menggabungkan semua barang bawaannya ke dalam satu tas yang lebih besar. Di bidang keuangan dan akuntansi, konsolidasi memiliki nuansa yang lebih spesifik.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Konsolidasi dalam Bidang Keuangan

Konsolidasi melibatkan pengambilan banyak akun atau bisnis dan menggabungkan informasi menjadi satu titik. Dalam akuntansi keuangan, laporan keuangan konsolidasi memberikan gambaran yang komprehensif tentang posisi keuangan perusahaan induk dan anak perusahaan, bukan posisi berdiri sendiri satu perusahaan.

Dalam akuntansi konsolidasi, informasi dari perusahaan induk dan anak perusahaan diperlakukan seolah-olah berasal dari satu entitas. Aset kumulatif dari bisnis, serta pendapatan atau pengeluaran, dicatat di neraca perusahaan induk. Informasi ini juga dilaporkan dalam laporan laba rugi perusahaan induk.

Konsolidasi Bisnis

Dalam bisnis, konsolidasi terjadi ketika dua atau lebih bisnis bergabung untuk membentuk satu entitas baru, dengan harapan meningkatkan pangsa pasar dan profitabilitas serta manfaat menggabungkan bakat, keahlian industri, atau teknologi. Konsolidasi dapat menghasilkan terciptanya entitas bisnis yang sama sekali baru atau anak perusahaan dari perusahaan yang lebih besar. Pendekatan ini dapat menggabungkan perusahaan yang bersaing menjadi satu bisnis kooperasi.

Konsolidasi dalam Analisis Teknis dan Perdagangan

Konsolidasi juga merupakan istilah analisis teknis yang mengacu pada harga sekuritas yang berosilasi dalam suatu koridor dan umumnya diartikan sebagai ketidakpastian pasar. Dengan kata lain, konsolidasi digunakan dalam analisis teknis untuk menggambarkan pergerakan harga saham dalam pola level perdagangan yang ditentukan dengan baik.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍