• Produk
  • Promo
  • Artikel

Komite Etik

Komite Etik adalah organ pendukung Dewan Komisioner yang bertugas mengawasi kepatuhan Dewan Komisioner, Pejabat, dan Pegawai OJK terhadap kode etik.

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Komite Etik?

Komite etik adalah sekelompok individu yang terdiri dari eksekutif di berbagai departemen dan konsultan pihak ketiga yang memimpin komite. Komite etik dibentuk untuk mengawasi kepatuhan dengan aturan perilaku, standar, dan kebijakan perusahaan. Komite dapat memperoleh masukan dari karyawan melalui survei, hotline karyawan, atau kuesioner. Peran mereka adalah untuk mengkomunikasikan kebijakan etika perusahaan secara efektif kepada seluruh perusahaan.

Anggota komite etik sering terlibat dalam pembuatan pedoman dan kebijakan dalam suatu perusahaan. Tanggung jawab komite etik termasuk membuat pedoman untuk berbagai keadaan. Komite nantinya dapat bertindak sebagai penengah jika terjadi konflik, dan menemukan solusi yang dapat diintegrasikan ke dalam kebijakan perusahaan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Dewan Direksi

Pimpinan perusahaan yang dipilih oleh para pemegang saham untuk mewakili kepentingan mereka dalam mengelola perusahaan (board of directors).

Selengkapnya

Manajemen

"n Man penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran."

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo