Kiriman Dana

Definisi Kiriman Dana

"Perpindahan dana antar-rekening yang berhubungan atau kepada rekening pihak ketiga."

"Kiriman uang luar negeri antara lembaga keuangan pengirim dari lembaga keuangan lain sebagai penerima (fund transfer)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Kiriman Dana?

Istilah kiriman dana kerap disingkat menjadi transfer saja. Kiriman dana atau fund transfer adalah bentuk pelayanan jasa yang diberikan oleh bank atas permintaan nasabah untuk mengirimkan sejumlah uang tertentu.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Pihak-pihak yang Terlibat dalam Proses Transfer

Untuk terjadinya proses transfer dana, diperlukan beberapa pihak yang terlibat, yaitu:

  • Nasabah

Nasabah adalah pihak yang memiliki dana yang mendapat pelayanan jasa dari bank untuk mengirimkan dan/atau memindahkan dananya kepada pihak lain.

  • Bank penarik

Bank penarik adalah bank yang menerima amanat dari nasabah untuk mentransfer dananya kepada pihak penerima. Pihak penerima, bisa nasabah yang memiliki rekening di Bank sendiri atau bank lain.

  • Bank tertarik

Bank tertarik adalah bank yang menerima transfer masuk dari bank pengirim untuk diteruskan kepada pihak yang menerima kiriman uang atau pihak beneficiary.

  • Beneficiary

Beneficiary adalah pihak yang menerima kiriman uang dari drawer bank. Apabila beneficiary memiliki rekening di bank penarik atau bank tertarik, maka kiriman uang tersebut akan dikreditkan ke rekeningnya, apabila tidak memiliki rekening, maka pihak Bank akan memberi Informasi tersurat kepada beneficiary.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍