• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Kekayaan Bersih

“Modal sendiri dalam suatu usaha diperhitungkan sebagai kekayaan setelah dikurangi kewajiban; dalam lembaga keuangan, yaitu biasanya merupakan modal yang meliputi surplus, keuntungan saham milik perusahaan yang tidak dibagi, dan cadangan umum dalam suatu lembaga kerja sama; kekayaan bersih dalam saham yang dimiliki bank sering meliputi saham biasa dan saham istimewa (networth).”

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Kekayaan Bersih?

Nilai semua aset non-keuangan dan keuangan yang dimiliki dikurangi nilai dari seluruh kewajibannya. Kekayaan bersih bisa berlaku untuk perusahaan, perorangan, pemerintah atau sektor ekonomi seperti sektor perusahaan keuangan atau seluruh negara.

Kekayaan bersih yaitu profit atau keuntungan yang dimiliki entah itu perorangan maupun bersama yang didapatkan seutuhnya. Jika kamu berbisnis pastinya kamu mempunyai kekayaan atau keuntungan bersih. Semua itu didapatkan dengan perhitungan yang sudah selesai dan tidak adanya beban tanggungan yang harus kamu keluarkan.

Konsep Kekayaan Bersih Secara Umum

Kekayaan bersih perseorangan

Kekayaan bersih perseorangan dihitung dari investasi yang dilakukan oleh orang tersebut. Entah itu properti, rekening pensiun, dan kendaraan. Bagi perorangan, kekayaan bersih atau kekayaan mengacu pada posisi ekonomi bersih perorangan, nilai aset perorangan dikurangi kewajiban.

Kekayaan bersih pemerintah

Kekayaan bersih sebuah negara dihitung sebagai jumlah kekayaan bersih semua perusahaan dan perorangan yang tinggal di negara ini, ditambah kekayaan bersih pemerintah. Kekayaan bersih pemerintah adalah salah satu milik kamu, yaitu pajak yang menghasilkan fasilitas dari pembangunan yang dibuat.

Kekayaan perusahaan

Pada setiap bisnis yang dijalankan perusahaan pastinya ada pemasukan kotor yang belum dibagi dan dibayarkan. Setelah semuanya selesai dan berhasil pada akhirnya perusahaan mengambil untung bersih dari laba tersebut. Hal ini umumnya didasarkan pada nilai semua aset dan kewajiban atas nilai tercatat yang merupakan nilai sebagaimana diungkapkan dalam laporan keuangan. Sejauh item di neraca tidak mengungkapkan nilai pasar sebenarnya, kekayaan bersih juga akan tidak akurat. Saat membaca neraca, jika akumulasi kerugian melebihi ekuitas pemegang saham, kekayaan bersih menjadi negatif.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Harta Bersih

“Selisih antara nilal total aktiva dan nilai total pasiva yang dilaporkan dalam neraca (net asset).”

Selengkapnya

Modal

"n uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya: ia menanam --nya dalam perusahaaan itu."

Selengkapnya

Harta

"n barang (uang dan sebagainya) yang menjadi kekayaan; barang milik seseorang."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo