Kegunaan

Definisi Kegunaan

Kemampuan suatu barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan manusia (utility).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa yang Dimaksud Dengan Kegunaan?

Kegunaan adalah istilah dalam ekonomi yang mengacu pada kepuasan total yang diterima dari mengkonsumsi barang atau jasa. Teori ekonomi berdasarkan pilihan rasional biasanya berasumsi bahwa konsumen akan berusaha untuk memaksimalkan kegunaan mereka. Kegunaan ekonomi suatu barang atau jasa penting untuk dipahami, karena secara langsung mempengaruhi permintaan, dan harga dari barang atau jasa itu. Dalam praktiknya, kegunaan konsumen tidak mungkin diukur. Namun, beberapa ekonom percaya bahwa mereka secara tidak langsung dapat memperkirakan kegunaan untuk barang atau jasa ekonomi dengan menggunakan berbagai model.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Fungsi Kegunaan Dalam Ekonomi

Misalnya saja seseorang dihadapkan dengan berbagai macam pilihan, tentu orang ini mempunyai preferensi sendiri untuk memilih. Nah, kegunaan mampu mewakili preferensi tersebut jika dimungkinkan untuk menetapkan bilangan real untuk setiap alternatif, sedemikian rupa sehingga alternatif a diberi nomor lebih besar daripada alternatif b jika, dan hanya jika, seseorang tersebut memilih alternatif a ke alternatif b. Dalam situasi ini seorang individu yang memilih alternatif yang paling disukai yang tersedia tentu juga memilih alternatif yang memaksimalkan fungsi utilitas terkait.

Dalam istilah ekonomi umum, fungsi kegunaan adalah untuk mengukur preferensi terkait serangkaian barang dan jasa. Seringkali, kegunaan berkorelasi dengan kata-kata seperti kebahagiaan, kepuasan, dan kesejahteraan, dan ini sulit untuk diukur secara matematis. Dengan demikian, para ekonom memanfaatkan keranjang konsumsi preferensi untuk mengukur ide-ide abstrak dan tidak terukur ini.

Ekonom asal Perancis Gérard Debreu secara tepat mendefinisikan kondisi yang diperlukan agar pengukuran preferensi dapat diwakili oleh fungsi kegunaan. Untuk serangkaian alternatif yang terbatas, ini hanya mensyaratkan bahwa pengukuran preferensi telah lengkap (sehingga individu dapat menentukan mana dari dua alternatif mana yang lebih disukai, atau bahwa mereka sama-sama disukai).


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍