• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Kartu Kredit

“Kartu yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit yang memberikan hak kepada orang yang memenuhi persyaratan tertentu yang namanya tertera dalam kartu untuk menggunakannya sebagai alat pembayaran secara kredit atas perolehan barang atau jasa, atau untuk menarik uang tunai dalam batas kredit sebagaimana telah ditentukan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit; dalam melaksanakan pembayaran kembali kredit tersebut, pemegang kartu tidak diwajibkan untuk melakukan pembayaran sekaligus, tetapi diberikan kelonggaran untuk membayar secara angsuran dengan tingkat bunga tertentu dan nilai angsuran sebesar persentase tertentu dari saldo kredit yang telah, digunakan (credit card).”

Bank Indonesia

“Kartu kecil yang dikeluarkan oleh bank yang menjamin pemegangnya untuk dapat berbelanja tanpa membayar kontan dan pengeluaran belanja itu akan diperhitungkan dalam rekening pemilik kartu di bank tersebut.”

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Kartu Kredit

Kartu kredit adalah alat pembayaran secara online atau non tunai dengan menggunakan kartu dan diterbitkan oleh bank negeri maupun swasta. Di dalamnya terdapat fasilitas seperti promo penggunaan dan discount yang didapat oleh penggunanya. Kartu kredit dapat membantu kamu untuk melakukan transaksi di awal dan pada akhirnya kamu harus membayar nominal yang sudah terpakai pada awal bulan ke bank.

Bank adalah pihak ketiga dari kamu dan penjual. Dengan menggunakan kartu kredit bank memfasilitasi kamu untuk mempunyai waktu fleksibel dalam transaksi. Dalam penggunaan kartu kredit pastinya kamu juga mempunyai syarat dan ketentuan yang diatur oleh bank dari pendaftaran, limit pembayaran, serta bunga yang diambil oleh bank.

Kolektibilitas Kredit untuk Nasabah

Di setiap bank swasta maupun negeri pasti ada syarat dan ketentuan yang berlaku jika kamu ingin mendaftarkan menjadi nasabah kartu kredit bank yang dituju. Hal ini dilakukan dengan cara menetapkan kolektibilitas kredit yang bertujuan untuk mengetahui secara dini mengenai risiko kredit yang mungkin saja akan diderita oleh bank di masa yang akan datang. Selain dengan tujuan tersebut, kolektibilitas kredit juga digunakan untuk menetapkan tingkat cadangan potensi kerugian yang timbul akibat adanya kredit bermasalah.

Berdasarkan Bank Indonesia, maka peraturan kualitas kredit dapat ditentukan sebagai berikut:

Syarat Kolektabilitas Nasabah: Prospek Usaha

Prospek usaha debitur pastinya akan dilihat karena Bank tersebut tidak akan memberikan kredit secara cuma-cuma jika kamu tidak mempunyai pekerjaan yang belum jelas dan status kamu di masyarakat. Berikut ini komponen-komponen yang di lihat:

  • Potensi pertumbuhan usaha tersebut di masa yang akan datang
  • Kondisi pasar dan posisi debitur dalam persaingan usaha yang dijalaninya
  • Kualitas manajemen dan permasalahan tenaga kerja
  • Dukungan dari grup atau afiliasi usaha
  • Upaya yang dilakukan debitur dalam rangka memelihara lingkungan hidup di sekitarnya

Syarat Kolektabilitas Nasabah: Penilaian

Setelah dilihat prospek kerja, pastinya nasabah akan dinilai apakah cocok untuk memegang kartu kredit. Komponen penilaian yang akan dilihat seperti:

  • Ketepatan pembayaran pokok pinjaman dan bunga pinjaman
  • Ketersediaan dan keakuratan informasi keuangan debitur
  • Kelengkapan dokumentasi kredit yang diajukan
  • Kepatuhan debitur terhadap perjanjian kredit yang telah disepakati
  • Kewajaran sumber pembayaran kewajiban

Kelompok Kolektibilitas Kredit

Dari penilaian di atas maka kualitas kredit akan ditetapkan menjadi beberapa kategori, yaitu lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan, dan macet. Hal ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan materialitas dan signifikansi dari faktor penilaian serta komponen tersebut terhadap karakteristik debitur yang bersangkutan. Berikut ini adalah kolektibilitas kredit berdasarkan ketepatan pembayaran:

  • Kolektibilitas 1 (Lancar)
    Kolektibilitas lancar adalah kondisi di mana tidak terdapat tunggakan pembayaran pinjaman yang dilakukan oleh debitur, baik pokok ataupun bunga pinjaman.

  • Kolektibilitas 2 (Dalam Perhatian Khusus)
    Kolektibilitas ini terjadi apabila terdapat tunggakan pinjaman pembayaran pokok dan atau bunga pinjaman yang berumur sampai dengan 90 hari.

  • Kolektibilitas 3 (Kurang Lancar)
    Kolektibilitas yang terjadi apabila terdapat tunggakan pembayaran pokok dan atau bunga pinjaman yang berumur sampai dengan 120 hari.

  • Kolektibilitas 4 (Diragukan)
    Kolektibilitas yang terjadi apabila terdapat tunggakan pembayaran pinjaman baik pokok dan atau bunga pinjaman yang berumur sampai dengan 180 hari.

  • Kolektibilitas 5 (Macet)
    Kolektibilitas yang terjadi apabila terdapat tunggakan pembayaran pokok dan atau bunga pinjaman di atas 180 hari.

Jenis Kartu Kredit

  • Kartu Kredit Silver

Kartu kredit jenis ini memiliki limit paling rendah, sekitar Rp4.000.000,- hingga Rp7.000.000,-. Umumnya dapat diajukan oleh nasabah dengan penghasilan minimal Rp3.000.000,-/bulan.

  • Kartu Kredit Gold

Limit kartu kredit ini sekitar Rp10.000.000,- hingga Rp40.000.000,-. Dapat diajukan oleh nasabah dengan penghasilan mulai dari Rp5.000.000,- hingga Rp10.000.000,-/bulan.

  • Kartu Kredit Platinum

Limit kartu kredit platinum ini sekitar Rp40.000.000,- sampai Rp1.000.000.000,-. Umumnya dapat diajukan oleh nasabah dengan penghasilan minimal Rp180.000.000-/bulan.

  • Kartu Kredit Titanium

Kartu jenis ini berada di atas kartu kredit platinum. Kartu kredit titanium ini terbatas kepemilikannya, hanya yang diundang secara langsung oleh bank yang dapat memiliki kartu kredit titanium.

Karena proses kepemilikannya hanya dipilih oleh bank, maka tidak pasti apakah yang menjadi persyaratan dari kartu kredit titanium. Yang pasti, jelas penghasilan tinggi dan catatan kekayaan mencapai nominal tertentu.

  • Kartu Kredit Spesial

Ada beberapa lagi jenis kartu kredit yang termasuk spesial, beberapa kartu kredit ini tidak tersedia secara general, seperti misalnya kartu kredit dengan brand Visa yang mengeluarkan kartu kredit Visa Signature dan Visa Infinite. Kartu kredit Visa Signature dan Visa Infinite tidak diperuntukkan bagi kalangan yang biasa-biasa saja. Kedua kartu kredit jenis ini diperuntukkan bagi mereka pengusaha besar dengan aset milyaran, pengacara terkenal, dokter terkenal.

Selain Visa, brand MasterCard juga tak mau kalah dengan mengeluarkan jenis kartu kredit MasterCard World. Kartu kredit ini juga sama spesialnya karena tidak diperuntukkan untuk masyarakat umum.

Sumber: https://www.tokopedia.com/blog/jenis-jenis-kartu-kredit/

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Bank Perkreditan Rakyat

"Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran (rural bank)."

Selengkapnya

Likuiditas

"/li·ku·i·di·tas/"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo