• Produk
  • Promo
  • Artikel

Karat

“n ukuran untuk menentukan kadar emas: emas 20 -- berarti bagian emas murni dicampur dengan 4 bagian logam lain”

“n satuan ukuran berat berlian (intan) 200 mg: berlian dua --”

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Karat?

Karat adalah satuan untuk mengukur kadar atau tingkat kemurnian dalam suatu logam mulia. Seperti yang diketahui, dalam peleburan sebuah logam mulia seperti emas, pada umumnya tidak hanya logam mulia murni itu saja yang dilebur, tetapi harus terdapat logam-logam lainnya sebagai bahan pelengkap, seperti perak, nikel, seng, dan tembaga. Dengan adanya logam pelengkap ini, logam mulia dapat dipadatkan dan dibentuk menjadi perhiasan yang memiliki daya tahan yang kuat.

Sebagai logam mulia yang sejak dulu dianggap sangat bernilai karena jumlahnya yang terbatas dan memiliki tampilan unik berkilau, satuan kemurnian emas sangat penting diperhatikan sebelum melakukan pembelian emas fisik. Tingkat kemurnian dalam emas diukur berdasarkan besarnya persentase kandungannya. Dalam perhiasan emas, biasanya digunakan satuan paling tinggi hingga 24 karat. Dengan demikian, logam mulia dengan persentase kandungan 100% disebut sebagai 24 karat.

Tingkatan Karat

Satuan emas dalam karat cukup mudah dihitung. Misalnya, suatu perhiasan emas disebut memiliki tingkatan kemurnian 20 karat, maka tingkat kemurnian emas tersebut sebenarnya adalah 20 dibagi 24 dikali 100 atau berkisar di angka 84%. Berikut ini adalah tabel tingkatan karat emas secara lengkap.

 

Karat

Tingkat Kemurnian

24 Karat

99,00% s.d 99,99%

23 Karat

94,80% s.d. 98,89%

22 Karat

90,60% s.d. 94,79%

21 Karat

86,50% s.d. 90,59%

20 Karat

82,30% s.d. 86,49%

19 Karat

78,20% s.d. 82,29%

18 Karat

75,40% s.d. 78,19%

14 Karat

58,3% s.d. 41,7%

10 Karat

41,7% s.d. 58,3%

Cara Pengujian Emas

Terdapat beberapa cara pengujian dalam karat emas, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  1. Pengujian gosok, pengujian ini dilakukan dengan cara menggosokkan emas pada batu. Selanjutnya, zat kimia seperti asam klorida, asam nitrat, atau campuran keduanya yang disebut air raja (aqua regia) diteteskan ke dalam emas. Jika warna emas memudar ketika digosok, maka bisa dipastikan emas tidak murni atau bahkan palsu.
  2. Uji dengan gold tester, saat ini, telah terdapat alat uji coba emas yang disebut gold tester. Pengujian menggunakan alat ini sangat mudah. Ujung jarum dari gold tester tinggal ditempelkan ke perhiasan dan besar karat dari emas akan muncul pada layar gold tester.
  3. Uji berat jenis, emas dapat dengan mudah dikenali dengan berdasarkan berat jenisnya. Berat jenis merupakan massa sebuah zat yang dibagi volumenya.

Emas Digital

Tak perlu ragu-ragu lagi tentang kemurnian suatu emas ketika akan membeli, karena sekarang telah tersedia investasi emas digital yang lebih aman. Harga emas diukur berdasarkan harga emas 24 karat. Yuk, cek Tokopedia Emas sekarang!

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Harta

"n barang (uang dan sebagainya) yang menjadi kekayaan; barang milik seseorang."

Selengkapnya

Mata Uang

"Uang dari logam."

Selengkapnya

Harga

“Nilai barang yang ditentukan atau dirupakan dengan uang: mobil ini sangat mahal --nya;jumlah uang atau alat tukar lain yang senilai, yang harus dibayarkan untuk produk atau jasa, pada waktu tertentu dan di pasar tertentu.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo