Kapitalisasi Pasar

Definisi Kapitalisasi Pasar

Apa itu Kapitalisasi Pasar?

Kapitalisasi pasar adalah nilai pasar agregat dari perusahaan yang diwakili dalam jumlah dolar. Karena mewakili nilai "pasar" dari suatu perusahaan, itu dihitung berdasarkan harga pasar saat ini (atau Current Market Price - CMP) dari sahamnya dan jumlah total saham yang beredar. Biasanya disebut sebagai "kapitalisasi pasar," di mana "kapitalisasi" mewakili kapitalisasi - istilah keuangan yang digunakan untuk menunjukkan ukuran perusahaan.

Kapitalisasi pasar dihitung dengan mengalikan saham beredar perusahaan dengan harga pasar saat ini. Karena sebuah perusahaan diwakili oleh X jumlah saham, mengalikan X dengan harga per saham mewakili total nilai dolar perusahaan. Saham beredar mengacu pada saham perusahaan yang saat ini dimiliki oleh semua pemegang sahamnya, termasuk blok saham yang dipegang oleh investor institusi dan saham terbatas yang dimiliki oleh pejabat dan orang dalam perusahaan

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Pentingnya Kapitalisasi Pasar

Banyak pedagang dan investor (yang kebanyakan pemula) sering mengira harga saham sebagai representasi dari penilaian, kesehatan, dan stabilitas perusahaan. Mereka mungkin menganggap harga saham lebih tinggi sebagai ukuran stabilitas perusahaan atau harga lebih rendah sebagai investasi yang tersedia dengan harga murah. Harga saham saja tidak mewakili nilai aktual perusahaan. Kapitalisasi pasar adalah ukuran yang tepat untuk dilihat, karena mewakili nilai sebenarnya yang dirasakan oleh pasar secara keseluruhan.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍