• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Kanibalisasi

“Pemindahan dana dari satu jenis akun yang memiliki tingkat bunga yang relatif rendah ke akun lain yang memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi (cannibalize)”

Otoritas Jasa Keuangan

/ka·ni·ba·li·sa·si/

Apa itu Kanibalisasi ?

Kanibalisasi bisa diartikan sebagai kerugian dari sebuah penjualan yang disebabkan oleh pengenalan perusahaan terhadap produk baru yang menggantikan salah satu produk lama sendiri daripada meningkatkan pangsa pasar perusahaan secara keseluruhan. 

Istilah ini juga digunakan untuk merujuk pada hilangnya pelanggan dalam rantai atau outlet makanan cepat saji, karena toko lain dengan pembukaan merek yang sama di dekatnya. Atau bisa juga diartikan sebagai pemindahan dana dari satu jenis akun yang memiliki tingkat bunga yang relatif rendah ke akun lain yang memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi.

Proses Kerja Kanibalisasi 

Kanibalisasi sendiri memiliki 2 kategori yaitu kanibalisme perusahaan, kanibalisasi pasar terjadi ketika produk baru mengganggu pasar yang ada untuk produk yang lebih lama. Dengan menarik pelanggan saat ini alih-alih menangkap pelanggan baru, perusahaan telah gagal meningkatkan pangsa pasarnya sementara hampir pasti meningkatkan biaya produksinya.

Namun, kanibalisasi pasar bisa menjadi strategi yang disengaja untuk pertumbuhan sebuah perusahaan. Jaringan supermarket, misalnya, mungkin membuka toko baru di dekat salah satu toko yang lebih lama, mengetahui bahwa mereka pasti akan saling mematikan penjualan satu sama lain. Namun, toko baru juga akan mencuri pangsa pasar dari pesaing terdekat, bahkan pada akhirnya membuat mereka gulung tikar. Strategi ini umumnya digunakan oleh analis saham pada sebuah perusahaan, yang melihat hal ini  sebagai sebuah hambatan potensial pada keuntungan untuk jangka pendek.

Fungsi dari Kanibalisasi 

Dalam soal pemasaran, kanibalisasi adalah penurunan permintaan untuk produk yang sudah ada yang terjadi ketika vendornya merilis produk baru dan serupa. Misalnya, ketika Tokopedia merilis official store terbaru, mereka menyadari bahwa produk lama akan mengalami erosi penjualan atau pangsa pasar erosi itu disebut kanibalisasi.

Akibat dari Kanibalisasi 

Terkadang, kanibalisme pasar tidak bisa dihindari. Setiap perusahaan kecil maupun besar sekarang mengoperasikan toko online, Mereka sudah paham betul bahwa penjualannya hanya dapat mengkanibalkan bisnisnya. Satu-satunya pilihan yang bisa mereka lakukan adalah membiarkan pengecer internet terus mengambil pangsa pasar dari mereka.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Force Majeure

"n keadaan yang ada di luar kekuasaan seseorang; keadaan kahar."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo