• Produk
  • Promo
  • Artikel

Kala Menguntungkan

Pembelian aktiva dengan pembayaran di muka yang disebut margin, sisanya ditutup dengan pinjaman dari bank atau pialang; dalam pembelian surat berharga dan komoditas, sisa utang tidak perlu ditutup dengan pinjaman dari bank atau pialang (buy on margin).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Kala Menguntungkan?

Kala menguntungkan atau yang biasa disebut dengan buying on margin adalah pembelian aset dengan meminjam saldo dari bank atau pialang (broker). Membeli dikala menguntungkan mengacu pada pembayaran awal atau uang muka yang dilakukan kepada pialang untuk aset yang dibeli; misalnya, 10 persen turun dan 90 persen dibiayai. Jaminan untuk dana pinjaman adalah sekuritas yang dapat di-margin di dalam rekening investor. Sebelum membeli dikala menguntungkan, seorang investor harus disetujui dan membuka rekening margin dengan brokernya. Daya beli yang dimiliki dalam akun pialang mencerminkan jumlah total pembelian yang dapat dilakukan menggunakan uang tunai plus kapasitas margin yang tersedia. Selain membeli dengan margin, penjual kosong saham juga menggunakan margin untuk meminjam dan kemudian menjual saham tersebut.

Siapa yang Dapat Membeli Dikala Menguntungkan?

Secara umum, membeli dikala menguntungkan bukan untuk pemula. Hal ini membutuhkan sejumlah toleransi risiko dan setiap perdagangan yang menggunakan margin harus dipantau secara ketat. Melihat portofolio saham kehilangan dan mendapatkan nilai dari waktu ke waktu seringkali cukup membuat stres jika Anda belum terbiasa. Maka dari itu, beberapa jenis perdagangan seperti perdagangan berjangka komoditi hampir selalu dibeli dengan menggunakan margin, sementara sekuritas lain seperti kontrak opsi tidak dapat di marginkan dan harus dibeli menggunakan uang tunai 100 persen. Tidak semua orang dapat memperdagangkan efek berjangka atau opsi, dan bagi sebagian besar investor individu yang terutama berfokus pada saham dan obligasi, pembelian dengan margin akan menambah risiko.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Margin

"Tingkat selisih antara biaya produksi dan harga jual di pasar."

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Sekuritas

/se·ku·ri·tas/

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo