IPO (Pasar Perdana)

Definisi IPO (Pasar Perdana)

Apa definisi IPO?

Penawaran saham yang pertama kali dilepas oleh perusahaan untuk ditawarkan atau dijual kepada masyarakat atau publik sehingga tidak dikuasai lagi secara privat, dan umumnya saham yang dilepas ke publik hanyalah sebagian kecil dari seluruh jumlah saham perusahaan. 

IPO juga bisa diartikan sebagai perusahaan yang Go Public, dimana informasi detail perusahaan bisa diperiksa di Bursa Efek Indonesia.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Tujuan IPO?

  • Mendapatkan dana murah.
    Pendanaan perusahaan bisa dari berbagai sumber misalnya dengan mengeluarkan obligasi, atau pengajuan kredit dari bank. Tapi kedua cara tersebut memiliki kewajiban, yaitu membayar bunga. Sedangkan dengan perusahaan melepas saham untuk mendapat dana, perusahaan tidak terbebani bunga.
  • Kinerja keuangan perusahaan lebih baik.
    Dengan mendapatkan dana murah,  perusahaan dapat membayar utang dan memperbaiki laporan keuangan dengan cepat.
  • Potensi pertumbuhan lebih cepat.
    Perusahaan dapat menggunakan dana internal untuk ekspansi. Tetapi jika memiliki dana murah, ekspansi bisa lebih cepat dan jangka panjang potensi pertumbuhan perusahaan bisa lebih besar.
  • Meningkatkan citra perusahaan.
    Perusahaan publik akan selalu disorot media. Bila mampu dikelola dengan baik, sorotan media bisa menjadi alat marketing tidak langsung bagi perusahaan.
  • Meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan.
    D
    engan Go Public, nilai perusahaan berpeluang jauh meningkat di masa depan seiring dengan kenaikan harga sahamnya. Jika perusahaan dipersepsi memiliki kinerja yang baik oleh investor, maka peluang kenaikan saham juga meningkat.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍