Investasi Langsung

Definisi Investasi Langsung

Apa Itu Investasi Langsung?

Secara singkat, investasi langsung adalah penanaman modal oleh investor secara langsung. Investasi ini berkaitan dengan pembelian lahan, pendirian pabrik, serta mesin-mesin perusahaan. Untuk jenis investasi langsung, investor harus menjadi orang pertama yang melibatkan diri untuk mengelola, mengontrol kegiatan, dan ikut bertanggung jawab jika ada kerugian. 

Beberapa jenis aset yang dikelola jenis investasi ini adalah aset riil dan aset berwujud. Investor yang mengelola jenis investasi langsung harus memiliki izin PPE (Perantara Pedagang Efek) untuk memiliki akses membeli serta menjual di bursa efek

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Keuntungan Investasi Langsung

Keuntungan yang didapat dalam mengelola investasi langsung adalah adanya keterlibatan secara langsung. Tak dipungkiri, para investor dapat terjun langsung melihat dan mengelola aset serta mengambil keputusan penting untuk perjalanan aset yang sedang berlangsung. 

Jika investor terhitung cukup atau sudah berpengalaman, maka jenis investasi ini sangat menguntungkan karena kemampuan investor untuk membaca keadaan pasar dan juga menemukan peluang di setiap keadaan.

Kekurangan Investasi Langsung

Tidak hanya keuntungannya, untuk investor yang ingin memulai investasi langsung juga harus mengetahui kekurangannya. Salah satu kekurangan yang mungkin terhitung menyita waktu para investor adalah kewajiban untuk selalu memantau keadaan pasar serta mempelajari aset yang diinvestasikan. 

Tak jarang juga, kerugian dari investasi langsung ini berpengaruh kepada kerugian yang nantinya mungkin cukup besar.

Jenis Investasi Langsung

Untuk memulai investasi langsung, ada 2 jenis investasi yang dapat dipilih.

1. Investasi untuk diperjualbelikan

Investasi jenis ini mampu diperjualbelikan kepada orang lain di waktu tertentu yang memiliki nilai cukup meningkat. Jenis investasi yang dapat diperjualbelikan adalah:

  1. Emas dan berlian
  2. Saham atau produk di pasar modal
  3. Tanah, ruko dan berbagai jenis properti
  4. Produk di pasar uang

2. Investasi tidak untuk diperjualbelikan

Untuk jenis investasi yang tidak dapat diperjualbelikan adalah deposito bank serta tabungan.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍