Internal Rate of Return (IRR)

Definisi Internal Rate of Return (IRR)

Apa itu Internal Rate of Return (IRR)? Internal Rate of Return (IRR) adalah metrik yang digunakan dalam analisis keuangan untuk memperkirakan potensi keuntungan investasi. IRR adalah discount rate yang membuat Net Present Value (NPV) dari semua arus kas sama dengan nol dalam analisis arus kas yang dipotong. Perhitungan IRR mengandalkan rumus yang sama seperti NPV.

https://forexindonesia.org/kamus/tentang-internal-rate-of-return-irr.html

Bagaimana Melakukan Penghitungan IRR? Berikut adalah rumus IRR, IRR = rk + ( NPV rk / (TPV rk – TPV rb))x (rb-rk) Keterangan: rk = tingkat bunga yang lebih kecil (rendah) rb = tingkat bunga yang lebih besar (tinggi) NPV rk = Net Present Value pada tingkat bunga kecil TPV rk = Total Present Value pada tingkat bunga kecil TPV rb = Total Present Value pada tingkat bunga yang besar

https://id.wikipedia.org/wiki/IRR

Kelebihan IRR Selain dapat menilai apakah investasi yang dilakukan dapat menaikkan nilai pada perusahaan dan mempertimbangkan semua arus masuk yang ada, IRR juga memiliki kelebihan lain, yakni:

https://lifepal.co.id/media/irr/

Menemukan Time Value dari Uang

IRR diukur dengan menghitung tingkat bunga di mana nilai sekarang arus kas masa depan sama dengan investasi modal yang dibutuhkan. Keuntungannya adalah bahwa waktu arus kas di semua tahun mendatang dianggap dan oleh karena itu, setiap arus kas diberi bobot yang sama dengan menggunakan time value uang.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Mudah Digunakan dan Dipahami

IRR adalah ukuran yang mudah dihitung dan menyediakan cara sederhana untuk membandingkan nilai berbagai proyek yang sedang dipertimbangkan. IRR memberikan gambaran singkat kepada setiap pemilik bisnis kecil tentang proyek modal apa yang akan memberikan arus kas potensial terbesar. Ini juga dapat digunakan untuk tujuan penganggaran seperti untuk memberikan gambaran singkat tentang nilai potensial atau penghematan pembelian peralatan baru daripada memperbaiki peralatan lama.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍