Intangible

Definisi Intangible

Apa itu Intangible?

Intangible merupakan aset tidak berwujud atau aset yang tidak bersifat fisik. Niat baik, pengakuan merek dan kekayaan intelektual, seperti paten, merek dagang, dan hak cipta, semuanya merupakan aset tidak berwujud. Aset tidak berwujud ada berlawanan dengan aset berwujud, yang meliputi tanah, kendaraan, peralatan, dan inventaris. Selain itu, aset keuangan seperti saham dan obligasi, yang nilainya diperoleh dari klaim kontraktual, dianggap sebagai aset berwujud. Meskipun aset tidak berwujud tidak memiliki nilai fisik yang jelas dari pabrik atau peralatan, aset tersebut dapat terbukti berharga bagi perusahaan dan sangat penting untuk keberhasilan atau kegagalan jangka panjang.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Menilai Aset Tak Berwujud

Bisnis dapat membuat atau memperoleh aset tidak berwujud. Misalnya, bisnis dapat membuat milis untuk klien atau membuat paten. Jika bisnis menciptakan aset tidak berwujud, ia dapat menghapus biaya dari proses tersebut, seperti pengajuan permohonan paten, menyewa pengacara, dan membayar biaya terkait lainnya. 

 

Selain itu, semua biaya selama pembuatan aset tidak berwujud dibebankan. Namun, aset tidak berwujud yang dibuat oleh suatu perusahaan tidak muncul di neraca dan tidak memiliki nilai buku yang tercatat. Oleh karena itu, ketika suatu perusahaan dibeli, seringkali harga belinya berada di atas nilai buku aset di neraca. Perusahaan pembeli mencatat premi yang dibayarkan sebagai aset tidak berwujud di neracanya.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍