Instrumen Kredit

Definisi Instrumen Kredit

Warkat perjanjian penjaminan tertulis yang dapat berisi kesanggupan bayar atau perintah bayar sebagai bukti pinjaman; instrumen kredit yang merupakan kesanggupan bayar, antara lain, ialah promes dan surat aksep; alat kredit yang merupakan perintah bayar, antara lain, ialah cek, wesel dan L/C (credit instrument)

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Instrumen Kredit?

Instrumen kredit adalah istilah yang digunakan dalam dunia perbankan dan keuangan untuk menggambarkan setiap benda atau barang yang disepakati yang dapat digunakan sebagai mata uang. Bank mengeluarkan instrumen kredit, dalam bentuk kartu kredit. Pelanggan, pada gilirannya, menggunakan instrumen kredit ini untuk melakukan pembelian 'secara kredit' dan membayar jumlah yang 'dipinjam' ke bank baik pada akhir bulan, kuartal, atau jangka waktu apa pun yang telah disepakati.

Barang apa pun dapat berfungsi sebagai instrumen kredit, selama kedua belah pihak (peminjam dan pemberi pinjaman) telah menyetujui penggunaan instrumen itu. Instrumen pada dasarnya adalah janji oleh debitur bahwa ia akan membayar kembali ke pemberi pinjaman.

Contoh sederhana dari instrumen kredit adalah cek. Ketika satu orang memberi cek lain, dia pada dasarnya mengatakan bahwa kertas ini membuktikan saya berutang sejumlah uang kepada Anda, dan jika Anda mengambilnya bank, mereka dengan senang hati akan membayar Anda atas nama saya. Bahkan lebih sederhana daripada cek adalah nota perjanjian, yang juga sangat mirip.

Instrumen kredit semakin populer karena dinilai lebih mudah dan nyaman bagi banyak orang. Karena tidak perlu membawa uang ke mana pun Anda pergi.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Macam-macam Instrumen Kredit

Berikut adalah macam-macam instrumen kredit yang bisa digunakan

  1. Kartu kredit
  2. Cek
  3. L/C
  4. Wesel

Fungsi Instrumen Kredit

Berikut adalah berbagai macam fungsi Instrumen Kredit

  1. Dokumen tertulis membuat klaim dapat diberlakukan. Instrumen kredit memungkinkan kreditor untuk memegang instrumen untuk menagih dari debitornya.
  2. Instrumen kredit memfasilitasi transaksi pertukaran. Untuk meningkatkan volume produksi, manufaktur dan pedagang memanfaatkan kredit dengan menggunakan instrumen kredit yang tepat.
  3. Instrumen kredit meminimalkan perselisihan di antara pihak-pihak yang berkontrak. Instrumen semacam itu menentukan tingkat kewajiban dan klaim debitur dan kreditor
  4. Instrumen kredit memfasilitasi produksi dan konsumsi. Sertifikat saham dan obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan yang bergerak dalam kegiatan produksi.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍