• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Insentif

“tambahan penghasilan (uang, barang, dan sebagainya) yang diberikan untuk meningkatkan gairah kerja; uang perangsang.”

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Insentif?

Pengertian Insentif adalah kompensasi khusus yang diberikan perusahaan atau seseorang kepada karyawan di luar gaji atau upah utamanya. Umumnya pemberian insentif ini bertujuan untuk membantu memotivasi atau mendorong karyawan tersebut lebih giat dalam bekerja dan berusaha untuk terus memperbaiki prestasi kerja di perusahaan. Jumlah dari insentif biasanya disesuaikan dengan prestasi atau pencapaian dari karyawan tersebut.

Pengertian Insentif menurut para ahli

  • Adams dan Hicks
    Insentif adalah semua bentuk imbalan dan hukuman (punishments) yang diterima oleh para pemberi layanan (providers) sebagai konsekuensi dari organisasi tempat mereka bekerja, institusi yang mereka operasionalkan, dan intervensi-intervensi yang mereka lakukan.
  • Nitisemito (1996:165)
    Insentif adalah penghasilan tambahan yang akan diberikan kepada para karyawan yang dapat memberikan prestasi sesuai dengan yang telah ditetapkan.
  • Pangabean (2002:93)
    Insentif adalah kompensasi yang mengaitkan gaji dengan produktivitas. Insentif merupakan penghargaan dalam bentuk uang yang diberikan kepada mereka yang dapat bekerja melampaui standar yang telah ditentukan.
  • Andrew F. Sikula
    Insentif adalah sesuatu yang mendorong atau mempunyai kecenderungan untuk merangsang suatu kegiatan, insentif adalah motif-motif dan imbalan-imbalan yang dibentuk untuk memperbaiki produksi.
  • Heidjrachman
    Pengupahan insentif dimaksudkan untuk memberikan upah/gaji yang berbeda karena prestasi kerja yang berbeda.

Pemberian insentif bisa dilatarbelakangi berbagai tujuan. Tujuan insentif menurut Pangabean (2002:93) adalah untuk meningkatkan produktivitas kerja individu maupun kelompok. Sedangkan menurut T. Hani Handoko, tujuan pemberian insentif adalah untuk meningkatkan motivasi karyawan dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan menawarkan perangsang finansial yang melebihi upah dan gaji dasar.

Tak hanya bagi karyawan, efektivitas pemberian insentif juga bisa memberikan dampak positif bagi perusahaan di mana karyawan yang termotivasi bisa meningkatkan produktivitas dari pekerjaannya.

Jenis-jenis Insentif

Jenis menurut CHR. Jimmy L. Gaol. (2014):

  • Insentif Finansial: Berbentuk bonus, komisi yang dihitung berdasarkan penjualan yang melebihi standar, pembayaran yang ditangguhkan.
  • Insentif Non-Finansial: Insentif bukan uang yang tersedia, misalnya hiburan, pendidikan, latihan, pujian, terjaminnya tempat kerja, terjaminnya komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan.
  • Insentif Sosial: Lebih kepada keadaan dan sikap dari para rekan kerja.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Gaji

“upah kerja yang dibayar dalam waktu yang tetap.”

Selengkapnya

Bunga

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo