Inkaso

Definisi Inkaso

Inkaso / in·ka·so / n Ek 1 penagihan kepada pihak yang wajib membayar (tertagih) berdasarkan warkat (cek, wesel, surat utang, dan sebagainya) untuk kepentingan dan atas risiko pihak yang mempunyai tagihan; 2 upah bagi pemungut uang

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Penagihan cek, wesel, dan surat utang lain kepada penerbit surat berharga dan menerima pembayaran dari bank pembayar (paying bank) istilah ini meliputi cek, wesel, surat aksep, obligasi, dan surat utang lain (collection).

Otoritas Jasa Keuangan

Inkaso adalah sebuah layanan bank untuk penagihan pembayaran atas surat/document berharga kepada pihak ketiga di tempat atau kota lain di dalam negeri. Surat atau dokumen berharga yang dapat diproses adalah wesel, cek, bilyet giro, kuitansi, surat promes/aksep dan hadiah undian.

Wikipedia

Apa Itu Inkaso?

Inkaso adalah layanan bank untuk membayar tagihan untuk surat/dokumen berharga terhadap pihak ketiga di tempat/kota lain. Surat/dokumen berharga yang dapat diproses berupa wesel, cek, giro, kwitansi, dan akseptasi.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Jenis-jenis Inkaso

1. Inkaso Masuk

Inkaso masuk adalah tagihan yang masuk atas beban rekening (warkat yang diterbitkan) nasabah sendiri yang hasilnya akan dikirimkan ke cabang pemrakarsa untuk keuntungan pihak ketiga.

2. Inkaso Keluar

Inkaso keluar adalah inkaso atas instruksi nasabah agar dapat melakukan penagihan ke pihak ketiga, melalui cabang sendiri maupun cabang yang ada di luar kota. Inkaso yang ditagih akan dikirim ke rekening milik pemberi amanat di bank pemrakarsa setelah dana dicairkan.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍