• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Inflasi Inti

"Komponen inflasi yang cenderung menetap atau persisten (persistent component) di dalam pergerakan inflasi dan dipengaruhi oleh faktor fundamental."

Bank Indonesia

"Inflasi IHK setelah mengeluarkan komponen volatile foods dan administered prices."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Inflasi?

Sebelum mengetahui apa itu inflasi inti, terlebih dahulu Anda harus memahami apa itu inflasi. Inflasi sendiri adalah keadaan di mana harga barang atau jasa di suatu negara mengalami kenaikan secara kontinu. Faktor terjadinya inflasi adalah ketidakseimbangan antara daya beli masyarakat dengan ketersediaan barang yang ada. Oleh sebab itu, inflasi bisa menjadi indikator kenaikan harga.

Apa Itu Inflasi Inti?

Pada dasarnya inflasi dikelompokan menjadi dua jenis. Yaitu inflasi inti dan inflasi non inti. Inflasi inti adalah inflasi yang komponen di dalamnya cenderung tetap dan dipengaruhi faktor fundamental. Inflasi inti berpengaruh terhadap semua kenaikan harga barang dan jasa kecuali dalam sektor makanan dan energi. Jadi, sektor makanan dan energi tidak masuk hitungan dalam inflasi inti. 

Mengapa sektor makanan dan energi tidak masuk inflasi inti padahal hal tersebut merupakan kebutuhan pokok manusia? Ini karena sektor makanan dan energi dinilai memiliki kenaikan harga yang sangat fluktuatif. Perubahan harga yang fluktuatif akan membuat perhitungan inflasi menjadi kurang akurat. 

Selain itu, sektor makanan dan energi juga bergerak paralel. Artinya, kenaikan harga di sektor makanan dan energi berpengaruh terhadap kenaikan harga barang dan jasa lainnya. Misalnya kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) akan berpengaruh terhadap kenaikan berbagai macam harga bahan pokok dan barang-barang lainnya. Ini karena harga BBM berpengaruh terhadap biaya distribusi produk-produk ke berbagai daerah.

Faktor yang Memengaruhi Inflasi Inti

Menurut Bank Indonesia, ada tiga faktor fundamental yang memengaruhi inflasi inti. Hal tersebut adalah:

  • Interaksi dalam permintaan dan penawaran.
  • Lingkungan eksternal yang meliputi nilai tukar, harga komoditi internasional, dan inflasi mitra dagang.
  • Ekspektasi inflasi dari pedagang dan konsumen.

Peran Penting Inflasi Inti

Mengukur inflasi inti sangat penting dalam perhitungan inflasi. Ini karena inflasi inti merefleksikan hubungan antara harga barang dan jasa dengan pendapatan konsumen. Apabila harga barang dan jasa naik, tapi pendapatan konsumen tidak, daya beli akan turun. Sedangkan apabila harga barang dan jasa stabil, pendapatan konsumen naik, maka daya beli juga akan naik.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Inflasi

"in·fla·si"

Selengkapnya

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Ilmu Ekonomi

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo