• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Ilmu Mikroekonomi

“Ilmu yang mempelajari tingkah laku unit-unit ekonomi, seperti perusahaan, industri, atau rumah tangga (microeconomics).”

Otoritas Jasa Keuangan

“Ilmu yang mempelajari keputusan yang dibuat oleh individu maupun perusahaan untuk mengalokasikan sumber daya bagi kegiatan produksi, pertukaran, dan konsumsi.”

Investopedia

Apa itu Mikroekonomi?

Selain makroekonomi, ilmu mikroekonomi merupakan cabang lainnya dari ilmu ekonomi. Ilmu ini mempelajari mengenai ekonomi dalam konteks yang lebih sempit, misalnya tentang harga dan produksi dari satu pasar dan interaksinya dengan pasar yang berbeda, namun tidak membahas mengenai agregat ekonomi (yang dibahas oleh makroekonomi).

Tokoh Utama dalam Model Arus Sirkular

Model arus sirkular atau the circular flow model merupakan salah satu model paling mendasar yang dipelajari oleh ilmu mikrekonomi. Model ini berbicara mengenai arus faktor produksi dan barang dan jasa di antara tokoh-tokoh yang ada dalam mikroekonomi. Berikut ini adalah dua tokoh utama dalam Model Arus Sirkular.

Rumah Tangga (Households)

Rumah tangga berperan sebagai penyedia faktor produksi (pekerja, modal, tanah, dan kewirausahaan) dan kemudian menjadi konsumen dari hasil produksi perusahaan. Selain aliran barang dan jasa, rumah tangga juga menerima aliran pendapatan sebagai ganti telah menggunakan faktor produksi (upah, bunga, sewa, dan laba).

Perusahaan (Firms)

Perusahaan berperan dalam melakukan salah satu aktivitas utama dalam perekonomian, yakni melakukan produksi. Perusahaan menerima faktor produksi dari rumah tangga dan kemudian memproduksi barang dan jasa dari sumber daya yang ada. Perusahaan menerima pendapatan dari penjualan barang dan jasa hasil produksi.

Faktor Produksi dalam Mikroekonomi

Tenaga Kerja (Labor)

Tenaga kerja atau buruh merupakan salah satu faktor produksi dalam mikroekonomi. Tenaga kerja memberikan jasa berupa keahlian dan mendapat balas jasa berupa upah.

Modal (Capital)

Modal atau kapital yang disediakan oleh rumah tangga ini mendapatkan timbal balik berupa bunga.

Tanah (Land)

Tanah merupakan salah satu faktor produksi yang juga disediakan oleh rumah tangga. Timbal balik dari penyediaan tanah sebagai faktor produksi ini adalah berupa sewa.

Kewirausahaan (Entrepreneurship)

Merupakan salah satu aspek yang baru-baru ini diakui sebagai faktor produksi. Faktor produksi kewirausahaan ini berbicara mengenai aspek kreativitas dalam bisnis sebuah perusahaan. Timbal balik dari kewirausahaan ini adalah berupa bagi hasil laba.

Perbedaan Mikroekonomi dan Makroekonomi

Mikroekonomi memiliki perbedaan cakupan dalam pembahasan studinya. Pembahasan yang dibahas di mikroekonomi bersifat lebih sempit dengan lingkup individu maupun bisnis, misalnya tentang bagaimana cara individu memaksimalkan utility atau tentang bagaimana bisnis memaksimalkan keuntungan. Hal ini berbeda dengan makroekonomi yang berbicara mengenai suatu perekonomian secara keseluruhan dari aspek inflasi, pengangguran, pertumbuhan PDB, dan lain-lain.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Ilmu Ekonomi

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Selengkapnya

Ekspansi Ekonomi

“perkembangan ekonomi dalam pola konjungtur yang ditandai oleh kenaikan harga, peningkatan jumlah uang beredar, produksi, dan konsumsi (economic expansion)”

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo