Human Capital

Definisi Human Capital

Human capital merupakan suatu konsep dalam ekonomi yang memandang manusia sebagai kunci utama dalam suatu entitas perusahaan. Human capital fokus pada perencanaan strategis dalam usaha untuk mengoptimalkan bakat dan keterampilan sumber daya manusia agar strategis bisnis organisasi perusahaan berjalan lancar. Tugas utama dari human capital diantaranya adalah rekrutmen karyawan baru, onboarding karyawan, training and development, mempertahankan karyawan yang memiliki kinerja bagus, menilai kinerja karyawan, mengelola data seperti klaim jaminan sosial, form gaji pegawai, permohonan cuti pegawai dan lain-lain.

blog.investree.id

Jenis- Jenis Human Capital

· General Human Capital Management

Jenis human capital ini berfokus pada pengembangan kompetensi manajerial, kepemimpinan,kemampuan pengambilan keputusan, kompetensi manajerial dan keahlian fungsional. Human capital jenis ini cocok dikembangkan dalam sumber daya manusia dengan tingkat manajemen eksekutif maupun tingkat lain yang lebih tinggi.

· Strategic Human Capital

Jenis human capital ini berfokus pada pengembangan keahlian dan keterampilan stategis yang didapatkan dari pengalaman menghadapi situasi tertentu. Keterampilan yang dikembangkan pada umumnya berupa kemampuan strategis untuk mengelola finansial terkait pemotongan anggaran agar lebih efisien karena terdapat kondisi keuangan yang kurang menguntungkan.

· Industry Human Capital

Jenis human capital ini terkait erat dengan berbagai pengetahuan tentang aspek industri, terutama dalam konteks supplier, teknis, dan regulasi.

· Relationship Human Capital

Jenis Human capital ini berfokus pada pengembangan kecerdasan sumber daya manusia dalam hal komunikasi dan penciptaan interaksi yang efektif dan baik dengan orang lain sehingga pelaksanaan tugas menjadi lebih lancar dan performa serta kinerja karyawan ikut berkembang.

· Company Specific Human Capital

Human capital jenis ini terkait erat dengan struktur dan budaya kerja dari sebuah perusahaan. Karyawan dituntut untuk cepat beradaptasi terhadap segala hal yang termasuk dalam ketentuan internal dari perusahaan sehingga karyawan dapat bertanggung jawab menjalankan tugas dengan visi dan misi perusahaan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍