• Produk
  • Promo
  • Artikel

Hukum Acara

Ketentuan hukum yang mengatur proses beracara di pengadilan mengenai penyelesaian pertikaian perkara (adjective low).

Otoritas Jasa Keuangan

Hukum acara (dikenal juga sebagai hukum prosedur atau peraturan keadilan) adalah serangkaian aturan yang mengikat dan mengatur tata cara dijalankannya persidangan pidana, perdata, maupun tata usaha negara. Hukum acara dibuat untuk menjamin adanya sebuah proses hukum yang semestinya dalam menegakkan hukum.

Wikipedia

Apa Itu Hukum Acara?

Hukum acara adalah rangkaian aturan yang mengatur tata cara mengajukan suatu perkara ke suatu badan peradilan (pengadilan), serta cara-cara hakim memberikan putusan. Hukum acara mengatur cabang-cabang hukum yang umum, seperti hukum acara pidana dan perdata. Masing-masing negara yang memiliki yurisdiksi dan kewenangan mahkamah yang beragam memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai hukum acara.

Meskipun memiliki aturan yang berbeda-beda, umumnya hukum acara di seluruh dunia memiliki unsur-unsur yang serupa. Hukum acara memastikan hukum ditegakkan secara adil dan semestinya. Hukum acara mengatur tata cara pendakwaan, pemberitahuan, pembuktian, dan pengujian hukum materil demi terlaksananya hukum.

Hukum Acara di Indonesia

  • Hukum acara pidana, diatur oleh Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana;
  • Hukum acara perdata, diatur oleh Kitab Undang-Undang Hukum Perdata;
  • Hukum acara Peradilan Agama, yang diatur oleh Undang-Undang Peradilan Agama;
  • Hukum acara Peradilan Tata Usaha Negara, yang diatur oleh Undang-Undang Peradilan Tata Usaha Negara;
  • Hukum acara Mahkamah Konstitusi, yang diatur oleh Undang-Undang Mahkamah Konstitusi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pengacara

Pihak yang diberi kuasa berdasarkan hukum oleh orang lain untuk melakukan transaksi bisnis; selain itu, dapat juga mewakili orang lain dalam berperkara di pengadilan (attorney).

Selengkapnya

Notaris

"no·ta·ris"

Selengkapnya

Firma

"n: perserikatan dagang yang didirikan untuk menjalankan usaha dagang bersama di bawah satu nama yang setiap pesertanya turut bertanggung jawab."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo